Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al-Habsy menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti ratusan peserta dari berbagai unsur dan kalangan masyarakat.
 
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 dengan tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" digelar di halaman Kantor Bupati Banjar di Kota Martapura, Ahad.

Baca juga: Bahasa Banjar Kalsel terancam punah tanpa pelestarian
 
"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum bagi kita semua mengenang jasa pahlawan revolusi yang mengorbankan jiwa dan raganya demi berdiri kokohnya Pancasila," ujar wabup.
 
Oleh karena itu, wabup meminta seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Banjar tetap menjaga agar Pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Di sisi lain, masyarakat juga harus mampu mengisi masa sekarang dengan berbagai kegiatan positif dan menjadikan Pancasila sebagai unsur pemersatu bangsa menuju Indonesia maju dan sejahtera.

Baca juga: Prof Rustam terkesan peribahasa Banjar pada buku YS Agus Suseno
 
"Mari bersama-sama membangun daerah dengan segala kemampuan kita dan menjadikan sebagai salah satu cara mengisi kemerdekaan dari hasil perjuangan pahlawan revolusi mengokohkan Pancasila," katanya.
 
Wabup Banjar juga membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara dan dilanjutkan pembacaan UUD 1945 serta ikrar Kesaktian Pancasila yang dibacakan anggota DPRD Banjar Rahmat Saleh.
 
Upacara di bawah cuaca cerah itu berlangsung khidmat diikuti unsur Forkopimda, Sekda Banjar M Hilman, seluruh Kepala SKPD, TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, DPKP, ASN serta para pelajar SD hingga SMA.
 
Seluruh peserta upacara khidmat mengenang peristiwa bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia akhir September tahun 1965, ketika tujuh perwira TNI-AD yang setia kepada Pancasila, tewas dalam G30S/PKI.

Baca juga: Pemkab Banjar bersama Baznas bantu beasiswa warga belajar ke Timur Tengah
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023