Bunda Bunda PAUD Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Wahyu Windarti meminta kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat mempersiapkan sistem pengajaran lebih baik.

"Persiapan sistem pengajaran memang perlu dilakukan untuk memperkuat kualitas pendidikan," kata Hj. Wahyu Windarti, di Batulicin Ahad.

Dia mengatakan, usia anak sejak lahir hingga enam tahun adalah periode emas, sehingga perlu diberikan rangsangan pendidikan yang optimal.

Pada usia itu merupakan periode emas, oleh karena itu orang tua dan guru PAUD harus memahami betapa krusialnya momen ini dalam pembentukan potensi anak-anak sehingga perlu persiapan untuk memberikan pendidikan.

Menurutnya, pendidikan di usia dini adalah panduan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

PAUD yang baik adalah yang mampu memberikan wahana permainan dan belajar yang merangsang perkembangan anak sesuai dengan tingkatnya.

Dalam hal ini ada beberapa ciri PAUD yang ideal dalam menjalankan proses pendidikan

diantaranya bermain aktif, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain, baik secara kreatif maupun bersama teman-teman mereka. Ini membantu perkembangan sosial dan kreativitas mereka.

Kreativitas terpancar, kelas PAUD sebaiknya dipenuhi dengan hasil karya anak-anak untuk menghiasi kelas, sehingga anak-anak merasa bangga dan termotivasi untuk berpartisipasi.

Kurikulum Fleksibel, kurikulum diadaptasi untuk mengakomodasi anak-anak yang belajar dengan cepat dan mereka yang membutuhkan bantuan tambahan. Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, dan pendekatan yang sesuai sangat diperlukan.

Sarana dan prasarana berkualitas, fasilitas yang baik akan menjadi penunjang pendidikan yang efektif untuk anak-anak di PAUD.

"Ciri-ciri PAUD ideal ini akan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi PAUD di Kabupaten Tanah Bumbu. Dia percaya bahwa para guru PAUD akan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak," jelasnya.

Wahyu juga berharap agar lembaga pengajar dan lembaga pendidikan PAUD dapat menunjukkan komitmen dan mempersiapkan diri untuk memajukan PAUD serta dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi muda.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023