Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan pertemuan rutin bagi penguji kendaraan bermotor pada tingkat provinsi di Kota Banjarmasin.

"Ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai langkah pembinaan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Pelajar Tabalong jadi pelopor keselamatan berlalu lintas Kalsel 2023

Dia pun menyampaikan pertemuan ini diharapkan dapat menciptakan soliditas antar sesama penguji dan dapat mewujudkan keseragaman pemikiran dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor harus dilakukan dan dibangun secara profesional dan akuntabel sehingga output atau hasil dari pengujian yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan diketahui secara terbuka oleh masyarakat," kata Fitri.

Fitri mengharapkan pelayanan pengujian yang diberikan kepada masyarakat dapat berkualitas dan hasil akhir yang ingin dicapai berupa jaminan keselamatan kendaraan yang layak jalan dapat terwujud.

Oleh karena itu, dijelaskan Fitri, hal ini dapat diwujudkan salah satunya melalui penerapan sistem informasi pada pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang tentunya akan memudahkan dan meningkatkan kecepatan dalam operasional pengujian.

"Masyarakat juga dapat mengakses secara online jika ingin mengetahui hasil uji kendaraannya. Selain itu dengan mengimplementasikan sistem informasi ini dapat memudahkan dalam pelaksanaan monitoring atau pengawasan pengujian kendaraan bermotor melalui integrasi data dari daerah ke pusat," ujar Fitri.

Baca juga: Kalsel pilih pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas

Menurut dia, untuk mencapai daya guna dan hasil guna yang optimal, diperlukan adanya pengaturan dan pembinaan secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. 

Hal ini, lanjut Fitri, dapat tercapai jika masing-masing instansi di Kalsel terkoordinasi secara utuh, tertib, teratur dan sinergi antara satu dengan lainnya, tanpa mengurangi tugas dan tanggungjawab masing-masing instansi.

"Sehingga diharapkan melalui acara ini para penguji dari setiap daerah di Provinsi Kalsel dapat bertukar pikiran mendiskusikan bersama masalah-masalah krusial yang saat ini berkembang terkait dengan aktifitas sehari-harinya," ujarnya.

Diharapkan dapat menyamakan persepsi terkait dengan fungsi dan tujuan dari penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang serta hal-hal lain yang dirasa penting untuk dibicarakan oleh peserta dalam hal ini para penguji kendaraan bermotor.

Baca juga: Dishub Tapin pasang rambu di titik rawan arus mudik Trans Kalimantan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023