Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi kesiapan Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Selatan (HSS) atas kesiapan menghindari Pemilu Tahun 2024.

"Kita apresiasi atas kesiapan KPU Tapin dan HSS menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024," ujar Komisi I Hj Rachmah Norlias, Sabtu sesudah kunjungan kerja (Kunker) ke kedua kabupaten bertetangga di daerah hulu sungai Kalsel tersebut.

Kunker Komisi I yang juga membidangi sosial politik ke "Bumi Ruhui Rahayu" Tapin dan "Bumi Rakat Mufakat" HSS itu untuk memastikan kesiapan dan persiapan KPU pada dua kabupaten tersebut menghadapi Pemilu 2024 yang tidak sampai satu tahun lagi.

Rachmah Norlias menilai kesiapan KPU Tapin sudah cukup matang. Namun kekosongan anggota komisioner divisi teknis penyelenggara yang terpilih menjadi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel agar sesegeranya pengisian karena merupakan ujung tombak dari KPU Tapin.

“Kami harapkan sesegeranya diisi untuk komisioner KPU yang kosong karena divisi teknis penyelenggara ujung tombaknya," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu.

Mengenai kekosongan Komisioner Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU Tapin di divisi teknis penyelenggara, Anggota KPU Kalsel M. Fahmi Failasopa mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat permohonan kepada KPU Pusat untuk pengisian.

“Besok (15/9/2023) kami bersama Ketua KPU Kalsel mengagendakan ke Jakarta menanyakan kembali tindaklanjut terkait surat kami untuk pengisian jabatan yang kosong di KPU Tapin,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Tapin Fakhrian Noor menyatakan kegembiraan sekaligus rasa terimakasihnya kepada Ketua dan Anggota Komisi I DPRD Kalsel yang melakukan monitoring ke KPU Tapin.

Menurut dia, kunjungan tersebut tentunya akan menjadi penyemangat dalam melaksanakan tugas agar penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dapat semakin baik dan dilaksanakan secara berintegritas.

“Alhamdulillah, banyak masukkan-masukkan yang diberikan kepada kami. Insya Allah itu menjadi catatan bagi kami untuk bekerja lebih baik dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 di Bumi Ruhui Rahayu Tapin, demikian Fakhrian.
Rombongan Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat kunjungan ke KPU Kabupaten Tapin di Rantau (117 km utara Banjarmasin), 14 September 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Rombongan Komisi I yang juga membidangi sosial politik itu melanjutkan monitoring kesiapan dan persiapan KPU HSS menghadapi Pemilu 2024! atau "pesta demokrasi" yang tidak sampai satu tahun lagi.

KPU Tapin berkedudukan di Rantau (117 km utara Banjarmasin) ibukota kabupaten tersebut dan KPU HSS di Kandangan (135 km utara Banjarmasin) ibukota kabupaten itu. Kunker ke kedua kabupaten itu terjadwal, 15 - 17 September 2023.

Sebelumnya Komisi I tersebut melakukan monitoring ke KPU Kabupaten Barito Kuala (Batola,l di Marabahan (sekitar 50 kilometer barat Banjarmasin) serta Tanah Laut (Tala) di Pelaihari (65 kilometer tenggara Banjarmasin).
Rombongan Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat kunjungan ke KPU Kabupaten Tapin di Rantau (117 km utara Banjarmasin), 14 September 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023