Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mendorong serta berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sebagai salah satu upaya tersebut, kami studi komparasi atau kaji tiru ke Provinsi Jawa Timur (Jatim)," ujar Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel HM Iqbal Yudiannor sebelum melakukan kegiatan tersebut di Surabaya, Senin.

Ia menerangkan, dalam studi komparasi Komisi II yang diketuai Imam Suprastowo dan Wakil Ketuanya Muhammad Yani Helmi tersebut akan mendalami peningkatan promosi, pengembangan dan pengelolaan objek wisata serta peran ekonomi kreatif di Jatim.

"Sehubungan dengan tujuan dan sasaran kaji tiru, Komisi II DPRD Kalsel bertemu dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim," ujar Iqbal 

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu berharap, hasil kaji tiru di "Bumi Brawijaya " Jatim banyak mendapat masukkan untuk peningkatan promosi kepariwisataan.

Selain itu, untuk pengembangan dan pengelolaan objek wisata serta peran ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan PAD.

"Pasalnya kita Kalsel juga memiliki objek wisata serta sumber daya ekonomi kreatif cukup potensial. Namun belum terkelola atau termanfaatkan secara maksimal," demikian Iqbal Yudiannor.

Pertemuan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim di Surabaya itu saat Komisi II DPRD Kalsel kunjungan kerja ke luar daerah, 10 - 12 September 2023.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023