Puskesmas Guntung dan Sungai Turak bersinergi untuk mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di wilayah Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

“Kami kompak untuk melaksanakan kampanye Germas ini secara bersama pada tingkat kecamatan, yang bertujuan untuk lebih membudayakan Germas kepada masyarakat agar bisa lebih sadar akan kesehatan mereka,” kata Pengelola Program Promosi Kesehatan UPT Puskesmas Guntung Ahmad Fedyani dan Lydia di HSU, Sabtu.

Fedyan menuturkan Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 

Fedyan melanjutkan aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Fedyan menyebutkan ada tujuh kegiatan Germas yaitu melakukan aktivitas fisik dengan budayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, periksa kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

“Alhamdulillah pada hari ini kami dapat melaksanakan kampanye Germas dengan berolahraga bersama tingkat Kecamatan Amuntai Utara, yang mana terdapat dua Fasyankes tingkat pertama yakni UPT Puskesmas Sungai Turak Guntung,” tutur Fedyan.

Fedyan menambahkan, melalui gerakan masyarakat hidup sehat maka akan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan semoga kegiatan ini juga dapat meningkatkan kekompakan di lintas sektor terutama pada bidang kesehatan.

“Semoga kegiatan ini dapat memperkuat koordinasi di lintas sektor terutama pada bidang kesehatan, yang mana diharapkan warga lebih semangat untuk membudayakan Germas dimanapun berada,” ucapnya.

Diketahui kampanye Germas ini dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Sungai Turak Agus Salim, Kepala UPT Puskesmas Guntung Norlaila beserta jajaran, seluruh kepala desa dan Forkopimcam setempat.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023