Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Provinsi Kalimantan Selatan mendistribusikan bantuan air bersih secara gratis bagi warga terdampak kekeringan karena panas ekstrem di Kelurahan Bangkal RW01, 02, 03, dan 04 Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Dinas PKP Kalsel mengerahkan enam unit mobil dobel kabin tangki berisi bantuan air bersih sesuai perintah Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Baca juga: Relawan salurkan air mandikan jenazah akibat kekeringan di Banjar

“Terima kasih kepada Paman Birin yang sangat peduli kepada warganya,” Kata Kepala Dinas PKP Kalsel Syamsir Rahman menirukan ucapan warga di Banjarbaru, Selasa.

Syamsir menambahkan pembagian air bersih merupakan reaksi cepat tanggap jajarannya untuk melaksanakan perintah Gubernur Kalsel membagikan air bersih bagi warga terdampak kekeringan.

Menurut Syamsir, banyak masyarakat di Kalsel mengalami kekurangan air karena kekeringan akibat cuaca panas El Nino dan La Nina, sehingga ketersediaan air bersih terganggu.

“Sumur mengering sementara sumur bor tidak mencukupi untuk ditarik ke atas, makanya Pemprov Kalsel harus hadir di tengah masyarakat yang kesusahan, Paman Birin memerintahkan untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat," ucap Syamsir.

Baca juga: Legislator : Kekeringan Tak Pilih-pilih

Lebih lanjut, Syamsir menyampaikan warga terpaksa harus membeli air dengan harga Rp5.000 per jerigen untuk mencukupi kebutuhan air bersih setiap hari.

“Air bersih yang diberikan Dinas PKP diambil dari PDAM Banjar Bakula PU Prov Kalsel, kami menurunkan enam unit mobil dengan dua kali trip pembagian hingga malam hari dan Insya Allah besok kami akan turun kembali dengan pasukan dari Dinas PKP," ucap Syamsir.

Syamsir menerangkan pembagian air bersih akan terus dilakukan hingga ke pelosok desa sekaligus melihat kondisi tanaman pertanian padi.

“Multi fungsi kegiatan yang kami lakukan ini, sembari kita berdoa semoga air hujan segera datang dan turun membasahi Banua kita ini,” ungkap Syamsir.

Dinas PKP, menawarkan jika  warga atau petani yang memerlukan air bersih secara gratis bisa menghubungi nomor pusat penerangan Dinas PKP Kalsel melalui 08125023255.

Baca juga: Kalsel Siaga Kekeringan

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023