Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menanam sebanyak 41.000 bibit pohon untuk mendukung program penghijauan yang digulirkan pemerintah dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan.

"Hari ini Polri melakukan penanaman serentak termasuk di 13 Polres jajaran Polda Kalsel dengan total lebih dari 41 ribu bibit pohon," kata Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Polresta Banjarmasin tanam 3.500 bibit pohon untuk penghijauan

Kapolda Kalsel bersama Forkopimda secara simbolis menanam di Ruang Terbuka Hijau Kamboja yang dilaksanakan Polresta Banjarmasin dengan total 3.500 bibit pohon.

Jenderal polisi bintang dua itu menyebut kegiatan dengan tema "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini" secara nasional dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur bersama para Kepala Kepolisian se-Asia Tenggara.

"Jadi ini gerakan nasional yang diinisiasi oleh Polri sebagai wujud nyata pelestrian alam sekaligus upaya mitigasi bencana dari pemanasan global akibat perubahan iklim," ujar Andi.

Andi pun berharap pohon yang ditanam tersebut bisa tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi mendatang sebagai pelindung alam bagi makhluk hidup di muka bumi.

Baca juga: Mapolda Kalsel di Banjarbaru dilengkapi auditorium megah

Kapolresta Kombes Pol Sabana Atmojo saat melakukan penanaman bibit pohon di Banjarmasin, Rabu (23/8/2023). (ANTARA/Firman)

Sementara Kapolresta Kombes Pol Sabana Atmojo mengatakan selain dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Kamboja, kegiatan penghijauan dilakukan secara pada lima Polsek jajaran di Banjarmasin.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan penanaman hingga bisa tertanam sebanyak 3.500 bibit pohon tersebar pada lima kecamatan.

Pada kesempatan itu, Kapolda Kalsel dan Kapolresta Banjarmasin juga memberikan tali asih kepada 100 anak yatim dan 50 petugas kebersihan sebagai bentuk perhatian Polri kepada anak yatim dan personel yang berjuang di garis terdepan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: Polres Banjarbaru bentuk Kampung Bebas Narkoba kuatkan ketahanan sosial masyarakat

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023