Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-16 tingkat Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi, menghadirkan generasi muda yang unggul dan berkontribusi dalam pembangunan.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan seluruh masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi atas keramahan, kehangatan dan antusiasme menyambut penyelenggaraan MTQ Nasional ke-16 tingkat Kabupaten Balangan,” kata Bupati Abdul Hadi pada acara MTQ Nasional Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi, Sabtu.

Baca juga: MTQN Balangan digelar di Kecamatan Tebing Tinggi

Hadi mengingatkan peserta MTQ tingkat Kabupaten Balangan berkompetisi secara sehat dan menunjukkan prestasi terbaik.

Lebih lanjut, Hadi menuturkan gelaran MTQ Balangan sebagai wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Quran dan menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Bagi kaum muslimin Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang selalu aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal sejalan dengan fitrah manusia yang hanif,” kata Hadi.

Bupati Balangan menuturkan dalam menjalankan Al-Quran maka harus patut bahkan harus meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW, yaitu kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Quran.

Baca juga: Balangan juara enam MTQ XXXIV tingkat Kalsel

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Nur Saidi menambahkan kegiatan MTQ ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 19 hingga 21 Agustus 2023 di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi.

Samidi melanjutkan cabang yang diperlombakan 10 cabang, yaitu Tilawah Qur’an, Tahfiz jus 1-5, Tahfiz jus 10, 20 dan 30, Tahfiz tiga bahasa Qur’an, Qiraat Qur’an, Tartil Qur’an, Makalah Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Khat dengan total peserta 319 orang.

“Tentunya tujuan utama kegiatan ini merupakan ajang seleksi di tingkat kabupaten, yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi,” ucap Samidi yang juga merupakan Camat Tebing Tinggi.

Baca juga: Pemkab Balangan pamerkan produk unggulan pada MTQ nasional Kalsel

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023