Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menjadi juara umum ke-6 dengan nilai 22 pada gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXXIV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 di Kota Banjarbaru.

“Paling utama kami mengucapkan selamat kepada para kafilah yang telah menjadi juara pada MTQ kali ini, dan jangan cepat berpuas diri karena ke depan masih banyak lagi event tingkat nasional maupun internasional,” kata Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan Gazali Al-Fatah di Banjarbaru, Jum’at.

Gazali juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Balangan, pelatih dan ofisial yang telah banyak membantu sehingga Balangan tahun berada di posisi enam dari 13 kabupaten/kota.

Sementara itu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, mengungkapkan pemerintah akan memberikan bonus umroh kepada sebanyak 14 peserta yang berhasil menjadi terbaik yang mana nanti akan ditentukan oleh panitia.

“Kami akan mengumrohkan peserta yang terbaik pada gelaran MTQ tahun ini, dengan harapan nanti kafilah kita dapat berkiprah di tingkat nasional dan internasional,” ungkap Paman Birin sapaan akrabnya.

Paman Birin menuturkan ucapan selamat dan sukses kepada kafilah yang telah berhasil menjadi yang terbaik, dan bagi yang masih belum semoga pada kesempatan berikutnya dapat menjadi kafilah yang terbaik tentunya dengan terus membaca dan belajar.

Paman Birin berharap pelaksanaan MTQ di tahun akan datang di tingkat provinsi Kalsel akan lebih baik lagi, dan panitia telah menentukan bahwa tuan rumah tahun depan adalah Kabupaten Tapin.

Diketahui kafilah Kabupaten Balangan yang mendapat juara yaitu Qari Harapan Golongan Remaja diraih Muhammaf Rifa’i dan Golongan Anak-anak Qariah Harapan Rezkia Amelia, 

Golongan Tuna Netra Qari Harapan diraih Fahruzi dan Qariah terbaik ketiga Murjiah dengan nilai 87,66.

Golongan Qira’at Murottal Dewasa Qari’ah Harapan diraih Siti Fatimah.

Golongan Bahasa Inggris Mufassir Terbaik ketiga diraih Ahmad dengan nilai 172,33 dan Mufassirah harapan Siti Mawaddah.

Cabang Syahril Qur’an regu harapan pertama putra yaitu M. Luthfy Norfajri, Rafi’ Ahmad Afrizal, Muhammad Haidir Bukhori Muslim dan harapan pertama regu harapan putri Najwa Safarina, Maulida Azkia, Shofie Nazwa Jamila.

Cabang Khath Al-Qur’an golongan naskah Khaththath terbaik pertama Saftoni dan Khaththath harapan pertama putri diraih Raudhah.

Golongan hiasan mushaf khaththath harapan pertama diraih Nor Fajeri.

Golongan Dekorasi khaththath terbaik ketiga Alfi Syahrin dengan nilai 176 dan khaththath terbaik putri Lesty Monti’ah dengan nilai 170.

Golongan Kontemporer khaththath terbaik pertama putra diraih Abdurrahim dengan nilai 204 dan khaththath terbaik pertama putri diraih Nurkhairiani Muthia dengan nilai 183.

Terakhir Cabang Karya Tulis Ilmiyah Al-Qur’an putra terbaik kedua diraih Padlianor dengan nilai 281,50 dan Alya Rahmie Azkiya sebagai harapan terbaik pertama.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023