Setelah sukses menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) 2023, di halaman Kantor Bupati Tanah Laut pada pagi harinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut menutup rangkaian upacara peringatan dengan melakukan penurunan Bendera Merah Putih, Kamis sore.

Sekretaris Daerah Kabupaten  (Sekdakab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Dahnial Kifli mengajak,  seluruh elemen masyarakat agar tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan.

“Jangan sekali-sekali melupakan sejarah seperti istilah kita kenal dengan sebutan Jas Merah,” ujar H Dahnial Kifli, di Pelaihari

Menurut dia,  semua pihak dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air dengan menghargai jasa para pahlawan. 

Apalagi dari sudut pandang pemerintah daerah sendiri, sebut dia, perasaan tersebut harus selalu hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Perjuangan bagi pemerintah daerah itu tentu tidak lain adalah,  dengan selalu mendukung program-program pemerintah pusat dalam rangka mensejahterakan rakyat. Inilah bentuk patriotisme dan cinta tanah air bagi penyelenggara negara,” sambung Ketua Umum Panitia Pelaksana HUT Ke-78 RI Tahun 2023 di Pemkab Tanah Laut.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada pagi hari Bupati Tanah Laut HM Sukamta, sedangkan pada sore harinya adalah Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman. 

Pelaksanaan kedua upacara sakral itu dihadiri para pejabat tinggi daerah  tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Laut.

Selain itu, juga hadir pimpinan instansi vertikal di daerah, legiun veteran, para pelajar dan mahasiswa hingga tamu undangan lainnya. 
Upacara penurunan Bendera Merah Putih di HUT ke-78 RI Tahun 2023, Kamis (17/8/2023) sore.(ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023