Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Bupati HSS H Achmad Fikry  menerima Qori dan Qoriah asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam Ajang MTQ Tingkat Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat mendatang.

Kabag Kesra HM. Taha menyampaikan, Qori dan Qoriah asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Ahmad Kamaruddin untuk cabang Tilawah Putra Dewasa, Zainul Hifzi cabang Tafsir Qur'an 30 Juz dan Musti'ana 'Aisyi Cabang Syahril Qur'an.

Menurut dia, ketiga nya  banyak meraih penghargaan di tingkat nasional hingga internasional misalnya Musti'ana 'aisyi pada tahun 2014 mendapatkan juara untuk tingkat provinsi di batam, Ahmad Kamaruddin juga merupakan salah satu Qori terbaik di Kabupaten HSS, pernah mengikuti MTQ tahun 2015 di Jakarta dan juga pernah mengikuti antar negara di Malaysia mendapatkan peringkat 8.

Sedangkan Zainul Hifzi sejak tahun 2010 sudah kerap kali mengikuti ajang yang sama, pada tahun 2015 mendapatkan juara 1 tingkat nasional, Hifzi juga di tahun 2015 di kirim ke Maroko untuk mengikuti antar negara dan mendapatkan peringkat 17, pada awal 2016 lalu di berangkatkan ke Sudan dan meraih pringkat ke 22.

Hifzi saat ini juga masih menempuh pendidikan di Ponpok Pesantren Minhajul Abdin Kapuh dan kuliah di STAI Kandangan  begitupun Musti'ana 'aisyi  juga masih menempuh pendidikan di Ponpes Rakha Amuntai kelas dua Aliyah.

Para Qori dan Qoriah asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan rencananya besok akan dikumpulkan bersama peserta dari Kabupatan lain di Guest House IAIN Antasari Banjarmasin yang kemudian akan diberangkatkan ke NTB pada tanggal 28 Juli 2016.

Bupati menyampaikan kepada para Qori dan Qoriah yang akan bertanding dalam MTQTingkat nasional ke XXVII di Mataram,  Nusa Tenggara Barat , pada tanggal 28 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang untuk menjaga kesehatan dengan baik.

Selain itu, juga menimba ilmu dan pengetahuan selama di NTB yang di kenal dengan ikon 100 mesjid, untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Alquran.

Bupati juga menyampaikan terimakasih atas prestasi Qori dan Qoriah asal HSS  yang sudah mencetak prestasi yang mengharumkan nama kabupaten untuk mewakili MTQ di Tingkat nasional, ini membuktikan bahwa banyak potensi Qori dan Qoriah yang terbaik di daerah HSS yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016