Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H. Achmad Fikry bersama Kepala Disnakerkop UKP HSS Hj. Siti Erma mengunjungi tempat UMKM di Desa Kaliring Dalam, yakni UMKM Kacang Rempeye Mama Sayuti dan Rengginang Mama Yeni di Desa Padang Batung, Kecamatan Padang Batung.

"Kita dari pemerintah daerah akan terus hadir memberikan dukungan dan dorongan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pelaku (UMKM) di Kabupaten HSS," kata Fikry, dalam keterangan mengutip pers release Diskominfo HSS, Sabtu.

Dijelaskan Fikry,  pemerintah akan terus mendorong UMKM dapat tumbuh berkembang, dan juga akan terus membantu melalui Disnakerkop UKP dalam mengawal mereka, terutama untuk pemasaran produk mereka.

Baca juga: DPRD HSS setujui pembahasan lanjutan Raperda Perubahan APBD 2023

Adapun UMKM Kacang Rempeye Mama Sayuti dan Rengginang Mama Yeni merupakan UMKM binaan Disnakerkop UKP HSS, yang juga merupakan penerima Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Dinas Sosial HSS.

"Produk olahan dari dua UMKM yang kita bina ini, baik Kacang Rempeye Mama Sayuti dan Rengginang Mama Yeni telah pula bersertifikat halal dari MUI," ujarnya..

Adapun untuk bansos UEP ditujukan dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), serta sebagai langkah nyata dalam penuntasan kemiskinan.

Para penerima bansos, khususnya pelaku UMKM diingatkan agar memastikan produk atau dagangan yang dijual itu bersih, sehat, dan yang terpenting enak, serta jangan menurunkan kualitas dan jangan pernah menolak pesanan meskipun banyak.

Baca juga: 19 poktan di delapan kecamatan HSS terima bantuan alsintan

"Kami juga mengingatkan agar produk atau dagangan yang jual agar diberi merek, serta agar belajar berjualan secara online sehingga jangkauan penjualan menjadi semakin luas," ucapnya.

Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah mengatakan pihaknya telah kembali menyalurkan bansos UEP di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Padang Batung, Loksado, Telaga Langsat, dan Angkinang, mengambil penyerahan bansos di aula Kecamatan Padang Batung, Jumat (11/8).

Ditambahkan dia, penyerahan bantuan sosial UEP di empat kecamatan, tersebut terdiri dari Kecamatan Padang Batung untuk 26 KPM, Angkinang 30 KPM, Telaga langsat 13 KPM, dan Kecamatan Loksado dua KPM.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023