Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan membangun dua puskesmas pada 2023, yakni Puskesmas Pelambuan Banjarmasin Barat dan Puskesmas Pemurus Dalam Banjarmasin Selatan.
 
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Banjarmasin, Rabu, mengatakan pembangunan dua puskesmas mengganti bangunan lama yang dinilai sudah tidak layak untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin resmikan Puskesmas ke-28
 
Apalagi salah satu puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Palambuan tidak hanya melayani warga di sekitar tersebut, namun juga kelurahan lain, Belitung Selatan.
 
"Bahkan ada juga sebagian warga di Kabupaten Batola berobat di puskesmas itu," ujarnya.
 
Masyarakat yang berobat di puskesmas ini kebanyakan memiliki program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga pelayanan harus maksimal.
 
Ibnu menuturkan Pemkot Banjarmasin menyiapkan tempat alternatif selama proses pembangunan agar Puskesmas Pelambuan tetap melayani masyarakat.

Baca juga: DPRD Banjarmasin minta Dinkes serius selesai pembangunan puskesmas Mantuil
 
Dia pun berharap kehadiran puskesmas yang baru nanti dapat memberi kenyamanan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang ingin berobat.
 
"Mudah-mudahan aman, lancar dalam pelaksanaan pembangunannya, Insya Allah kami berharap pembangunan ini bisa sesuai dengan target dan selesai tepat waktu," ujarnya.
 
Pemkot Banjarmasin kini memiliki sebanyak 28 puskesmas dan satu rumah sakit, yakni RSUD Sultan Suriansyah untuk melayani sekitar 700 ribu warga pada lima kecamatan dan 52 kelurahan.

Baca juga: Banjarmasin segera operasikan puskesmas ke-27

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023