Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan segera mengoperasikan puskesmas ke-27 yang berada di Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

"Saya mintakan tahun 2022 ini bisa dioprasionalkan (Puskesmas Sungai Andai)," ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat meninjau puskesmas tersebut, Senin.

Puskesmas Sungai Andai yang tepatnya di Komplek Herlina Perkasa tersebut telah selesai pembangunannya pada tahun ini, hingga kini Kota Banjarmasin sudah memiliki 27 puskesmas di lima kecamatan.

"Alhamdulillah Puskesmas ini selesai tepat waktu dan sesuai target," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan puskesmas yang dimulai pada awal tahun tersebut juga membuat efisiensi anggaran.  

"Karena dari pagu anggaran itu Rp6,7 miliar, kemudian dari kontraktor menawar Rp5,7 miliar. Sehingga ada efisiensi biaya sebesar Rp1 miliar," tuturnya.  

Ibnu pun berharap, pembangunan Puskesmas Sungai Andai tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di kawasan Sungai Andai tersebut, utamanya juga di masa pandemi COVID-19 ini.

"Karena ini daerah padat. Dan kota bersyukur ini lahan Fasilitas Umum (Fasum) yang diserahkan langsung oleh pengembang untuk dimanfaatkan," ujarnya.  

Sementara itu, Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menyatakan, sesuai keinginan wali kota, Puskesmas Sungai Andai yang merupakan puskesmas ke-27 di kota ini diupayakan mulai beroperasi tahun depan.

"Mudah-mudahan di bulan April tahun depan terwujud," ujar Machli Riyadi.

Karenanya, pihaknya mulai menyiapkan tenaga kesehatan dan juga peralatan kesehatan.

"Tenaga kesehatan kita akan siapkan 35 orang mulai dokter, perawat dan bidan di Puskesmas Sungai Andai ini," tuturnya.

Untuk kelengkapan lagi, pihaknya juga menyiapkan tenaga penunjang kesehatan lainnya. 

"Semua sudah dianggarkan di tahun 2022. Januari, Februari dan Maret kita persiapkan semuanya," ujar Machli Riyadi.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021