Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan memberikan fasilitasi permodalan dan pemasaran untuk produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), upaya meningkatkan potensi UMKM dan perluasan pemasaran produk.

"Kami terus dukung UMKM di daerah, mencarikan pasar untuk mereka. Minggu depan ada stand kuliner di lapangan untuk 17 Agustus ini akan diberikan satu stand untuk produk hasil UMKM mereka dijual di sana," ucap Bupati HSS H Achmad Fikry dalam keterangan tertulis Diskominfo HSS, di Kandangan, Minggu.

Dijelaskan dia, memang menjadi tugas pemerintah dalam mendampingi UMKM, serta dalam upaya menjaga kualitas serta membantu agar perizinan bisa didapatkan, termasuk stimulan bantuan sosial (bansos) Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Pemkab HSS.

Baca juga: Pemkab HSS sosialisasikan perda inovasi daerah untuk UMKM

Kedepannya nanti jika ada tamu-tamu yang datang maka bingkisan oleh-olehnya dari produk olahan UMKM HSS, dengan tujuan tentunya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku UMKM.

"Untuk bansos permodalan diberikan agar mereka bisa meningkatkan pendapatan, kita juga berpesan agar pelaku UMKM yang berjualan memastikan yang dijual sehat, dan kalau sudah jualannya laku janganlah bahannya dikurangi karena itu akan mengubah rasa," ucapnya.

Sebelumnya, Bupati HSS bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Perindustrian (Disnakerkop UKP) Hj Siti Erma telah melakukan kunjungan ke tempat UMKM di Desa Batang Kulur Kiri, tepatnya di UMKM Gula Merah dan Gula Jahe serta UMKM Kue Jintan.

Baca juga: 75 pelaku UMKM terlibat di Kampung Kuliner Ramadhan Kabupaten HSS

Sementara itu, Pemkab HSS melalui Dinas Sosial HSS kembali menyalurkan bantuan permodalan melalui bansos UEP bersumber dari APBD Kabupaten HSS tahun anggaran 2023 di empat kecamatan.

"Bantuan telah kita serahkan untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Kandangan, Kecamatan Simpur, dan Kecamatan Kalumpang," kata Kepala Dinsos HSS, Nordiansyah.

Bansos UEP tersebut terdiri dari di Kecamatan Sungai Raya untuk 25 KPM dengan total Rp72.6 juta, Kecamatan Kalumpang 14 KPM dengan total Rp42 juta, Kecamatan Simpur 12 KPM total Rp34.4 juta, dan Kecamatan Kandangan 15 KPM dengan total Rp43,7 juta.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023