Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mencatat 75 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terlibat pada pelaksanaan Kampung Kuliner 2023.

Pemkab HSS mengganti konsep Pasar Ramadhan yang awalnya berlokasi di Depan Pasar Los Batu Kandangan, menjadi Kampung Kuliner Ramadhan yang berlokasi di area Lapangan Lambung Mangkurat.

"Kampung Kuliner Ramadhan ini bertujuan untuk meramaikan suasana Ramadhan, dan sebagai referensi masyarakat dalam mencari hidangan berbuka puasa dengan melibatkan 75 orang para pelaku UMKM di Kabupaten HSS," kata Kepala Dinas Perdagangan HSS, Sudiyono, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Disdag HSS antisipasi kelangkaan migor dan kenaikan harga beras lokal

Sudiyono menuturkan dari 75 pelaku UMKM tersebut terdiri dari 45 pelaku UMKM yang telah berjualan selama Kampung Kuliner dilaksanakan, dan 30 orang pedagang yang baru bergabung.

Sudiyono menyebutkan Kampung Kuliner Ramadhan ini buka dari pukul 14.00 hingga 19.30 WITA dengan menyajikan beragam kuliner, area parkir luas dengan akses yang mudah dan strategis bagi pedagang dan pembeli.

Bupati HSS Achmad Fikry mengungkapkan pelaksanaan Kampung Kuliner Ramadhan ini merupakan penguatan dari Kampung Kuliner yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Pemkab HSS ganti konsep Pasar Ramadhan dengan Kampung Kuliner

"Karena perkembangan Kampung Kuliner sebelumnya sangat bagus, jadi kami tawarkan kepada mereka apakah masih mau berdagang lagi, ternyata 45 pedagang mau, yang lainnya ada yang memilih berjualan online di rumah saja," tutur Fikry.

Selain itu, Fikry berharap dengan adanya Kampung Kuliner Ramadhan bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakat, sekaligus bisa menekan laju inflasi, serta masyarakat lebih mudah mendapatkan takjil selama Ramadhan.

Bupati HSS juga menyempatkan diri untuk meninjau dan menyapa langsung para penjual yang ada di Kampung Kuliner Ramadhan.

Baca juga: Pemkab HSS fasilitasi potensi UKM dengan wisata kampung kuliner

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023