Bupati Banjar Kalimantan Selatan Saidi Mansyur menekankan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XLVI tingkat Kabupaten Banjar mampu meningkatkan syiar Islam.
 
"Harapan kami, pelaksanaan MTQ mampu meningkatkan syiar Islam dan semua yang terlibat di dalamnya mendapat keberkahan dan Ridho Allah SWT," ujar Saidi saat membuka MTQ di Kecamatan Gambut, Banjar, Jumat.

Baca juga: Juara umum MTQ Kalsel, Bupati Banjar serahkan bonus kafilah
 
Pembukaan MTQ Kabupaten Banjar di lapangan Kampus Universitas NU Jalan Ahmad Yani Km 12, Gambut ditandai pemukulan bedug yang dilakukan Bupati Saidi didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy.
 
Selain itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar Nazwan Noor, dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Masruri serta Camat Gambut Ahmad Fauzan turut hadir pada acara keagamaan tersebut.
 
"Rangkaian MTQ ini bukan hanya sarana mengukir prestasi tetapi juga menjadi kebanggaan bagi setiap kecamatan karena dari Kecamatan Aluh-Aluh hingga Paramasan ikut ambil bagian," ucap Saidi.

Baca juga: Juara umum MTQ Kalsel, Bupati Banjar tidak tinggi hati
 
Camat Gambut Ahmad Fauzan menyebutkan pelaksanaan lomba MTQ tersebar pada 10 lokasi terdiri dari venue utama, SMAN Gambut dan MA Gambut sejak 5-7 Agustus 2023.
 
"Venue utama di lapangan kampus, lomba akan dilaksanakan siang dan malam hari sedangkan di venue lain pada siang hari yang diharapkan bisa selesai selama tiga hari waktu pelaksanaan," ungkap Fauzan.
 
Ditambahkan Fauzan, jumlah kafilah sebanyak 650 orang berasal dari 20 kecamatan yang ikut berpartisipasi dengan kafilah terbanyak dari tuan rumah Kecamatan Gambut 54 orang disusul Sambung Makmur 52 kafilah.
 
Pembukaan diisi penyerahan piala bergilir oleh juara umum MTQ tingkat Kabupaten Banjar pada 2022 dari Camat Sungai Tabuk kepada Bupati Banjar yang dilanjutkan penyerahan kepada Ketua LPTQ Banjar.

Baca juga: Bupati harapkan kafilah Banjar raih prestasi terbaik di MTQ Kalsel

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023