Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menciptakan aplikasi bernama "Tulakan" yang berkaitan dengan penunjang pariwisata atau memudahkan wisatawan.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Selasa, aplikasi Tulakan tersebut mengikut Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN V) 2023 di Politeknik Elektronika Surabaya.

Baca juga: Poliban libatkan praktisi mengajar untuk bantu ciptakan SDM unggul
 
"Kita tentunya bangga mahasiswa dan mahasiswi kita telah menciptakan teknologi inovasi yang bagus ini," ujarnya.
 
Dia pun menyebutkan aplikasi yang diciptakan para mahasiswa Poliban itu diapresiasi kalangan pejabat di Provinsi Kalsel.
 
Pejabat tersebut antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kominfo Kota Banjarbaru Asep Saputra yang mengapresiasi bahkan mendukung penuh aplikasi Tulakan tersebut.
 
Tulakan dari bahasa Banjar yang berarti berpergian tersebut, menurut Asep, akan mempermudah para wisatawan di Kalimantan Selatan.
 
Karena aplikasi ini, kata Asep, mengintegrasikan destinasi wisata, kegiatan dengan transportasi yang digunakan untuk menuju objek wisata di Provinsi Kalsel.

Baca juga: Pengurusan APDOVI wilayah 5 Kalsel dikukuhkan
 
Asep berharap aplikasi Tulakan yang telah dibangun mahasiswa Poliban bisa berjalan sesuai harapan.
 
"Semoga Aplikasi ini sesuai harapan kita semua, dan akan terintegrasi di beberapa kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Kami Pemerintah Kota Banjarbaru akan mengimplementasikan aplikasi ini dan menyesuaikan dengan aplikasi yang kami punya," ungkap Asep.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Fatimah juga menyatakan apresiasi tinggi mahasiswa Poliban yang menciptakan aplikasi berbasis teknologi tersebut.
 
Dia menekankan aplikasi itu bisa membantu para wisatawan untuk menentukan daerah wisata, sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan akses pariwisata Banjarbakula terutama Kota Banjarmasin.
 
"Selamat dan sukses selalu untuk mahasiswa Poliban," ungkap Fatimah.

Baca juga: Direktur Poliban ingatkan 36 ASN baru dilantik jadi pelayan profesional

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023