Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar sosialisasi tentang minat baca terkait peningkatan literasi terhadap 450 orang masyarakat di Kecamatan Limpasu, Kabupaten HST.

Peserta sosialisasi merupakan siswa sekolah dasar (SD), perangkat desa, dan beberapa perwakilan dari masyarakat kecamatan setempat.

Baca juga: Tanah Bumbu tingkatkan minat baca pelajar melalui MPK
“Minat baca tidak hanya untuk anak anak saja, kalangan dewasa juga perlu meningkatkan literasi baca,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi dalam keterangan tertulis di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Aulia menyebutkan pemerintah setempat sangat mendukung program peningkatan literasi baca masyarakat melalui sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Pengelola perpustakaan sekolah juga perlu secara berkala melaksanakan kegiatan agar menarik minat baca para pelajar,” ucapnya.
Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi saat memberikan pengarahan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Limpasu, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/HO-Pemkab HST)

Dia menuturkan kegiatan di perpustakaan sekolah perlu dilakukan lebih optimal lagi agar para pelajar tidak malas untuk mengembangkan pengetahuannya dengan membaca.

Ia berharap kegiatan sosialisasi minat baca tersebut tepat sasaran untuk membantu mengedukasi masyarakat lain tentang pentingnya membaca guna membangun peradaban di kabupaten yang berjuluk “Bumi Murakata” itu.

Aulia mengajak masyarakat Bumi Murakata untuk membiasakan diri membaca terlebih saat memiliki waktu luang disela aktivitas sehari-hari.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi minat baca tersebut juga dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten HST Cheri Bayuni Budjang.

Baca juga: PLN bersama Rumah Baca Bahijau tingkatkan literasi dan minat baca masyarakat Kalteng

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kabupaten HST Mujahidin mengatakan kegiatan dirangkaikan dengan layanan perpustakaan keliling dan beberapa rangkaian kegiatan yang ditujukan kepada 150 orang siswa SD di kecamatan setempat.

“Meningkatkan minat baca masyarakat salah satu upaya meningkatkan nilai indeks pembangunan daerah,” ujar Mujahidin.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023