Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mendukung gelaran Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) Kalsel 2023 untuk menyeleksi atlet yang bisa diikutkan pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024 mendatang.

"Langkah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel sudah tepat, Porwada yang sukses diharapkan melahirkan banyak atlet potensial untuk Porwanas," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel Hermansyah di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Porwada Kalsel 2023 jaring puluhan atlet potensial untuk Porwanas

Hermansyah menyebut melalui komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang totalitas mendukung peningkatan prestasi kontingen PWI Kalsel di ajang Porwanas maka pihaknya senantiasa siap berkontribusi terhadap apa yang dibutuhkan.

"Prestasi kontingen PWI Kalsel tentu mengharumkan nama Banua Kalsel di ajang nasional dan Porwanas merupakan event olahraga paling bergengsi untuk kalangan jurnalis di Indonesia," ucapnya.

Sementara Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kalsel Irwansyah mengatakan Porwada yang diikuti lebih dari 200 wartawan memang sebagai ajang penjaringan para atlet untuk menghadapi Porwanas di Padang, Sumatera Barat pada tahun depan.

Baca juga: Tim Wartawan Polda Kalsel jawara futsal PORWADA 2023

Diketahui, Porwada 2023 dikhususkan menggelar tiga cabang olahraga yang potensial menyumbangkan medali untuk kontingen PWI Kalsel di Porwanas yaitu futsal, catur dan Esport.

Di futsal, ungkap Iwan, sapaan akrab Ketua Siwo, ada sekitar 30 pemain yang dicatat untuk dipanggil mengikuti seleksi masuk tim Porwanas.

Kemudian pada cabor catur dan Esport, Iwan menyebut juga sangatlah menggembirakan lantaran banyak wartawan yang memiliki potensi sebagai atlet Porwanas. 

Apalagi kedua cabor ini sebagai penyumbang medali kontingen PWI Kalsel pada Porwanas di Malang, Jawa Timur pada 2022 lalu.

Baca juga: "Tim Pejuang" juarai E-Sport MLBB Porwada Kalsel

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023