Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan terus mengupayakan harga karet naik dengan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) pemasaran bahan olah karet (Bokar).

“Kegiatan ini merupakan bentuk upaya kerjasama antara pemda dengan perusahaan Asabaru Daya Cipta Lestari, dalam upaya peningkatan harga karet di Balangan,” kata Asisten II Setda Balangan Tuhalus di Balangan, Jum’at.

Baca juga: Petani Tabalong keluhkan anjloknya produksi getah karet

Menurut Tuhalus, ini merupakan dalam upaya kerjasama dengan perusahaan daerah Asabaru Daya Cipta Lestari yang bergerak di bidang perkaretan.

Tuhalus menuturkan hal ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan petani karet, agar bisa meningkatkan harga Bokar di pasaran adalah dengan mendirikan Perusahaan Daerah (Perusda) PT Asabaru Daya Cipta Lestari.

Eks Kadis Pertanian Balangan tersebut menyebutkan, nantinya perusahaan daerah ini akan menjadi tempat menampung hasil Bokar dan akan dijual ke pabrik yang ada di kabupaten tetangga maupun provinsi lainnya.

Baca juga: Pemkab HST bangun gudang lump untuk tingkatkan kualitas karet

"Dengan adanya Perusahaan daerah PT Asabaru ini diharapkan petani kita bisa dengan stabil untuk penjualan dengan harga karet yang sesuai dengan kualitasnya," sebutnya.

Tuhalus berharap agar kerjasama ini dapat terus terjalin dan harmonis, yaitu antara pemerintah daerah serta pihak lainnya sehingga Perusda Asabaru Daya Cipta Lestari bisa bekerja dengan maksimal.

Sehingga ujar Tuhalus, sehingga apa yang diharapkan masyarakat dengan harga karet yang stabil dan menjanjikan dalam berusaha dibidang perkaretan bisa tercapai dengan baik.

Baca juga: Pemprov Kalsel buat inovasi "Bang Sibun Bakaret" untuk sejahterakan petani karet

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023