Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan meraih Nusantara CSR Awards (NCSRA) 2023 dari La Tofi School of Social Responsibility berkat program elektrifikasi sistem pengairan pertanian menggunakan teknik fertigasi atau irigasi tetes.

"Keberhasilan program elektrifikasi pertanian pada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kayuh Baimbai yang kami bina mendapatkan apresiasi Nusantara CSR Awards tahun ini," kata General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Sinergi PLN dan PWI bentuk wartawan profesional di Kalsel

Penghargaan tersebut diberikan pada kategori SDG's #1 Tanpa Kemiskinan dalam kontribusi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan menciptakan nilai bersama (Creating Shared Value) bagi masyarakat.

Salam menjelaskan program "electrifying agriculture" sejalan dengan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang dijalankan perusahaan. 

Salam mengungkapkan program tersebut bertujuan meningkatkan efisiensi penggunaan air dan meningkatkan produktivitas pertanian, terutama pada bidang pertanian melalui Gapoktan Kayuh Baimbai di Desa Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dengan menerapkan teknik fertigasi dan irigasi tetes yang menggunakan energi listrik, PLN dapat membantu petani meningkatkan hasil panen, mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya air yang terbatas, dan berkontribusi mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah kerja   
PLN UIP3B Kalimantan.

Salam menyatakan penghargaan itu menjadi bukti pengakuan terhadap komitmen PLN dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan.

Baca juga: PLN UIP3B Kalimantan gandeng RBP salurkan hewan kurban kepada masyarakat

Dia mengaku merasa terhormat dan terinspirasi untuk terus mengembangkan program-program TJSL yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami berkomitmen terus berkontribusi mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kalimantan," ucapnya.
Areal pertanian milik Gapoktan Kayuh Baimbai di Desa Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang menjadi binaan PLN UIP3B Kalimantan pada beberapa waktu lalu. (ANTARA/Firman)

Baca juga: PLN gandeng Polres Banjarbaru simulasi tanggap darurat

PLN secara total sukses menyabet 24 penghargaan dengan program TJSL, yakni lebih dari 10 kategori pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, membuat perseroan meraih predikat Platinum SDG's (Sustainable Development Goals) pada ajang penghargaan Nusantara CSR Awards 2023.

Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan La Tofi School of Social Responsibility. 

Ajang ini ditujukan kepada kepada perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023