Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan atau Sosper ditandai konsultasi penyakit tulang dari peserta kegiatan tersebut di Banjarmasin, Sabtu.

Pasalnya dalam Sosper tersebut, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu menyosialisasikan tentang penyakit tulang khususnya pengapuran dengan mengundang dr Priza Razunip SpOT (dokter ahli tulang) dari Rumah Sakit Banjarmasin Siaga.

Baca juga: DPRD Kalsel inginkan kekuatan payung hukum Sosper serta Wasbang

Sebab anggota DPRD Kalsel dua periode itu menginginkan masyarakat di provinsinya, terutama warga "kota seribu sungai" Banjarmasin terhindar dari penyakit tulang, termasuk pengapuran tulang.

"Mungkin banyak tak mengetahui atau abai terhadap penyakit tulang seperti pengapuran pada tulang. Padahal itu juga cukup mengganggu kesehatan. Sedangkan sehat mempunyai arti penting bagi seseorang," demikian Suripno.
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Suripno Sumas sedang sosialisasikan peraturan perundang-undangan dengan topik masalah penyakit tulang di Banjarmasin, Sabtu (15/7/23). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Sementara dr Priza menerangkan, pengapuran tulang rentan pada setiap orang, terutama bagi yang sudah menginjak dewasa atau lanjut usia (Lansia), terlebih perempuan pasca "momenopause" (masa haid/datang bulan).

Dia menjelaskan, pengapuran tulang karena bagian persendian yang tak normal lagi dan bisa menimbulkan sakit.

Baca juga: DPRD Paser Kaltim : Sosper merupakan amanah

"Memang pengapuran tulang jauh dari membawa kematian seseorang, tapi cukup mengganggu keutuhan kesehatan," ujar alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dengan program pascasarjana (spesial tulang atau Orthopedi) Universitas Udayana Bali itu.

Sebagai upaya pencegahan pengapuran tulang sebaiknya banyak memakan buah pepaya, mentimun dan tomat tiap hari, demikian Priza Razunip.

Dalam sosialisasi tersebut, dr Priza mengajak dari perusahaan obat untuk mengenalkan produk yang berhubungan dengan pengobatan penyakit tulang/pengapuran tulang.

Pada kesempatan itu pula banyak warga masyarakat yang memasuki usia tua mengonsultasikan hal-hal berkaitan dengan penyakit tulang/pengapuran tulang.

Mereka yang mengonsultasikan derita terkait penyakit tulang/pengapuran tulang mendapat obat secara gratis dari sebuah perusahaan farmasi.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel yang juga membidangi Kesehatan, H Risdianto Haleng yang pada pada Pemilu 2924 mencalon anggota DPR RI.

Baca juga: Anggota Dewan sosper, dukung penanaman pohon di tepi Sungai Tabalong

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023