Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Dispersip Hulu Sungai Selatan (HSS) berkolaborasi melaksanakan pembinaan perpustakaan kabupaten dan kota se-Kalsel, di aula Dispersip HSS.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar, Selasa, di Kandangan, mengatakan kegiatan ini upaya kolaborasi dari Dispersip Kalsel bersama Dispersip HSS dalam menghasilkan sinergitas.

"Tujuan kita bagaimana pengelolaan perpustakaan yang ada di Kalsel ini, khususnya di HSS dapat menjadi lebih maksimal lagi, lebih kompeten dan lebih profesional," kata Wildan.

Baca juga: Guru Tungkal H Fakhruddin Nur isi tausiah haul di Negara HSS

Dijelaskan Wilda, apabila pengelolaan dulunya sudah baik akan menjadi semakin baik, sehingga para pengelola perpustakaan dapat maksimal dan ujung terakhirnya siap disertifikasi.

Secara kelembagaan perpustakaan juga perlu juga disiapkan guna menuju agrinitasi, salah satu syarat agrinitasi tersebut adalah pengelolaan perpustakaan yang profesional.

Serta, juga tentunya kelengkapan infrastruktur yang memadai, dalam membuat perpustakaan itu lebih menarik lagi bagi masyarakat, supaya bisa meningkatkan minat kunjungan dan baca di perpustakaan.

Kepala Dispersip HSS H. Tajiddin Noor, mengaku bersyukur terlaksananya kegiatan, karena sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten HSS, khususnya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat di HSS dapat terlaksana.

Menurut Tajiddin, melalui kegiatan dari buah kerjasama, kolaborasi dan terjadwal di Kab.HSS, dan telah mengundang pengelola dari beberapa jenis perpustakaan, dari perpustakaan desa, sekolah dan perpustakaan umum di HSS.

Baca juga: Puskesmas Kandangan dan Jambu Hilir ikuti survey akreditasi

"Kami berharap dengan kerjasama dan kolaborasi yang baik ini, nantinya akan memungkinkan untuk terjadinya peningkatan pengelolaan manajemen perpustakaan di daerah kita," pungkas Tajiddin.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan perpustakaan berjumlah sebanyak 50 orang pengelola perpustakaan, dari desa dan sekolah yang ada di HSS.

Pembinaan ditujukan memperkuat dan meningkatkan peran serta perpustakaan di kabupaten dan kota se-Kalsel, dalam memberikan akses pengetahuan dan informasi kepada masyarakat. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023