Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menugaskan sebanyak 273 mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023 di 16 desa di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Saya berharap mahasiswa dapat membantu program pembangunan di wilayah pedesaan terutama sektor perikanan dan kelautan yang menjadi andalan Kotabaru," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Oleh karena itu, selama satu bulan KKN di Kotabaru mahasiswa turun ke lapangan menerapkan ilmunya kepada masyarakat nelayan seperti cara menangkap ikan dengan peralatan modern dan ramah lingkungan.

Kemudian mahasiswa juga diminta bersama-sama masyarakat dan perangkat desa untuk dapat mengidentifikasi masalah dan merancang program-program yang dilakukan di desa.

Di sisi lain, Alim menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah Kotabaru yang sudah bersedia menjadi penerima mahasiswa KKN ULM.

Dia memohon agar seluruh perangkat di pemerintahan Kotabaru bisa membantu dan membimbing para mahasiswa yang mencari pengalaman untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. 

Sementara Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan tidak salah daerahnya menjadi tempat KKN bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM karena wilayahnya dikelilingi oleh lautan. 

"Penghasilan nelayan Kotabaru sangat besar dan sudah bisa memasok hasilnya hingga ke pulau Jawa, saya berharap mahasiswa bisa saling kerja sama dengan perangkat desa untuk membantu nelayan lebih maju lagi," ucapnya.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023