Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Barito Kuala (Batola) Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor meminta, kepada para orangtua agar senantiasa memberikan perhatian penuh terhadap kebutuhan tumbuh kembang anak, terutama dalam hal pendidikan dan kesehatannya. 

“Kenapa ini selalu saya tekankan dalam setiap kesempatan? Karena kedua hal ini merupakan modal dasar yang sangat utama jika kita ingin mendidik anak-anak agar mampu meraih cita-cita di masa depan,” tutur Saraswati, pada Perpisahan Massal Anak PAUD se-Kecamatan Marabahan di halaman Kantor Setdakab Batola, Sabtu (18/6/2022) pagi. 

Saras (panggilan akrap Saraswati), yang juga Bunda PAUD Kabupaten Batola, mengatakan dengan pendidikan yang memadai anak-anak akan mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia dan ilmu pengetahuan yang selalu bergerak maju dan dinamis. 

Sementara terhadap kesehatan, sebut dia   jika anak-anak tumbuh sehat mereka akan mampu melakukan semua aktivitas yang dapat menunjang upaya pencapaian segala yang diharapkan dan dicita-citakan. 

Perubahan zaman, tutur isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor ini, pasti akan terus bergerak maju serta akan lebih moderen dan canggih seiring perkembangan. 

Selaku orangtua, terang dia, tentu tidak menginginkan anak menjadi generasi tertinggal yang buta terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Oleh karena itu, Saras berharap kepada anak-anak yang hadir setelah melalui jenjang pendidikan PAUD dapat menjadikannya langkah awal dan pembangkit semangat untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya sesuai tahapan hingga tingkat paling tinggi. 

Sementara terhadap para orangtua, lanjutnya, berkewajiban membekali anak-anak dengan pendidikan mental spritual yang kuat sesuai agama dan keyakinan masing-masing. 

Dengan demikian di masa mendatang,  papar dia, akan tercipta sebuah generasi yang tidak saja pintar, cerdas dan sehat namun juga berakhlak, berkarakter, serta terpuji. 

Kepada para tenaga pendidik dan pengajar, khususnya se-Kecamatan Marabahan, selaku Bunda PAUD Kabupaten Batola, Saras menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, kerja keras, dan kerjasama dalam mendukung upaya tercapainya peningkatan kualitas SDM melalui pembangunan di bidang pendidikan di Bumi Ije Jela.

Sebelumnya itu, Bunda PAUD Kecamatan Marabahan Winda Rukmana Eko Purnama Sakti mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para orangtua dan undangan yang telah berhadir memenuhi acara perpisahan.

Isteri Camat Marabahan Eko Purnama Sakti  juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelaksanaan terdapat kekurangan dan hal-hal yang kurang berkenan lainnya. 

Mengingat sebagai manusia, ungkap dia, tidak terlepas dari kekurangan dan ketidaksempurnaan.

Kepada anak-anak PAUD yang telah dilepas, Winda mengucapkan, selamat dan mendoakan agar dapat terus mengikuti pendidikan hingga jenjang berikutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Normawati mengutarakan, tahun 2021/2022  terdapat 327 anak yang berasal dari 46 lembaga PAUD se-Marabahan mengikuti perpisahan massal. 

Kepala Sekolah PAUD Tunas Harapan Bakumpai Permai itu menyatakan, tujuan digelarnya perpisahan selain untuk menjalin silaturahmi seluruh lembaga PAUD se-Marabahan juga sebagai motivasi dalam meningkatkan mutu lembaga PAUD dan kemampuan guru dalam mengajar dan membimbing anak didik.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022