Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (PKK Kab HSS) memberikan pelatihan manajerial kepada kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta pengelola Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pada 11 kecamatan.

“Saya berharap pelatihan ini tidak hanya sebatas rutinitas dan pelaksanaan dari program kerja semata, tetapi hendaknya benar-benar mencapai target sasaran,” kata Ketua TP PKK HSS Isnaniah Achmad Fikry di Kandangan, Rabu.

Dijelaskan Isnaniah, BKB adalah wadah kegiatan keluarga yang memiliki balita dan anak, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dan keluarga yang lain untuk mengasuh anak.

Baca juga: Ratusan anak ikuti sunatan massal TP PKK HSS

Isnaniah menuturkan pembinaan tumbuh kembang melalui kegiatan rangsangan fisik, mental dan intelektual, emosional, spiritual, sosial dan moral anak untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan rangsangan fisik, motorik, kecerdasan sosial dan emosional, serta moralnya berlangsung dalam proses interaksi antara ibu atau anggota keluarga lainnya dengan anak balita,” ucap Isnaniah.

Isnaniah jug mengungkapkan pelatihan UP2K dilaksanakan ini agar dapat dapat menumbuhkan usaha ekonomi keluarga, serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kelompok usaha ekonomi kreatif.

Ke depannya pelatihan keterampilan bagi kader PKK dan masyarakat akan terus dilaksanakan terutama sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Selain itu, kita juga dapat mengupayakan memanfaatkan halaman  atau pekarangan rumah untuk ditanami berbagai tanaman, harus terus digalakkan guna menopang kebutuhan keluarga,” ujar Isnaniah.

Dituturkan Isnaniah, hal yang tak kalah penting supaya para peserta kegiatan pelatihan ini nantinya dapat diikutsertakan secara bergantian dari perwakilan setiap kecamatan.

Baca juga: Penyuluhan pola asuh PKK HSS dukung proses perkembangan anak

Isnaniah mengungkapkan hal ini dilakukan agar keterampilan yang diperoleh para peserta dapat merata, dan tentunya memberikan manfaat yang optimal sebagaimana yang diharapkan bersama.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama sehari dengan materi untuk pelatihan BKB dan PAUD, yaitu transisi PAUD ke SD yang meningkatkan peran Pokja, Bunda PAUD dan TP PKK.

Sementara pelatihan pengelola UP2K PKK diajarkan tentang tata cara pendirian koperasi bagi kelompok UP2K PKK, serta peningkatan kualitas kemasan produk UP2K PKK.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan Wakil Ketua TP PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad beserta jajaran pengurus PKK kabupaten, dan Ketua TP PKK kecamatan se-HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023