Pencapaian luar biasa kembali dibuktikan Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin berserta istri Vivi Mar’i Zubedi selaku Ketua TP PKK Kota Banjarbaru.
 
Keduanya meraih dua Penghargaan Manggala Karya Kencana sekaligus dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI tahun 2023 atas dedikasi dan pengabdiannya.

Baca juga: Walikota Banjarbaru dan Walikota Banjarmasin terima penghargaan Kota Peduli HAM
 
Manggala Karya Kencana sendiri merupakan penghargaan tertinggi, yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi pada program pengendalian penduduk.
 
Dua penghargaan Manggala Karya Kencana sekaligus itu diumumkan melalui SK Kepala BKKBN RI Nomor 118/Kep/G2/2023 dimana wali kota dinilai memiliki komitmen dalam mengendalikan penduduk dan keluarga berencana.
 
Sedangkan penghargaan diterima Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi, karena sudah berperan aktif mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta upaya menurunkan angka stunting melalui Gerakan Banjarbaru Singkirkan Stunting (Basingsing).
 
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPMPPPA) Kota Banjarbaru Sri Lailana di Banjarbaru, Selasa menyebutkan sejumlah indikator hingga meraih dua penghargaan itu.

Baca juga: Bupati HSS : Nadjmi Adhani tokoh teladan dalam pengabdian pada masyarakat
 
"Pertama Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin memiliki komitmen yang besar dalam membangun Program Bangga Kencana di Kota Banjarbaru," ujar Sri melalui keterangan tertulis yang disampaikan Dinas Kominfo.
 
Diketahui, Bangga Kencana sendiri merupakan program unggulan dari BKKBN RI, guna menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan, serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.
 
Selain itu indikator lainnya adalah keterlibatan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang mengimplementasikan kebijakan kepala daerah sehingga mendorong terealisasinya program nasional.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru dorong pengembangan metode pertanian inovatif ramah lingkungan
 
"Contohnya tahun ini sudah semua kelurahan di Banjarbaru ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB), dan itu semua berhasil diwujudkan. Bukan hanya membentuk tetapi juga pembinaan kepada masyarakat soal KB dan kesejahteraan sosial," ujarnya.
 
Dikatakan Sri, indikator lainnya yakni dukungan operasional Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terhadap Program Bangga Kencana yang dialokasikan selama dua tahun berturut-turut.
 
Berdasarkan sejumlah indikator itu, Wali Kota Banjarbaru dinyatakan memenuhi syarat sehingga dianggap layak untuk menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana bersama 58 kepala daerah se-Indonesia.

Baca juga: Kelurahan Guntung Manggis terbaik 1 Kalsel target juara regional Kalimantan
 
Khusus di Kalimantan Selatan, hanya tiga kepala daerah yang menerima penghargaan tingkat nasional dari BKKBN RI itu yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Bumbu.
 
Penghargaan Manggala Karya Kencana diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023, di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).
 
"Penghargaan ini patut dibanggakan, karena tidak semua kepala daerah di Kalsel mendapatkannya. Tentunya juga menjadi penyemangat kami terus melaksanakan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Ada dugaan perusahaan lakukan pembiaran karhutla
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023