Kelurahan Guntung Manggis Kota Banjarbaru berhasil meraih prestasi terbaik pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 sehingga memasang target menjadi terbaik regional Kalimantan.
 
Lurah Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Zikru Rakhman di Kota Banjarbaru, Senin, bersyukur kelurahan yang dipimpinnya mampu menjadi yang terbaik sehingga bisa bersaing di lomba tingkat regional.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru dorong pengembangan metode pertanian inovatif ramah lingkungan
 
"Alhamdulillah, prestasi yang berhasil dicapai ini tidak terlepas dukungan Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin melalui beberapa program yang dijalankan sehingga bisa meraih yang terbaik," ujarnya.
 
Disebutkan Zikru, sejumlah program yang dijalankan di setiap kelurahan seperti program Rukun Tetangga (RT) Mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca pandemi COVID-19 dan Homecare untuk lanjut usia.
 
Selain itu, pelayanan perizinan yang berbasis elektronik dan pemberian pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga pelatihan kerajinan yang dibina ibu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru.
 
"Program unggulan yang menjadi visi dan misi wali kota sudah dilakukan warga melalui kelompok masyarakat, sedangkan pelatihan juga sudah berjalan sesuai target dan harapan," ungkap Zikru.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Ada dugaan perusahaan lakukan pembiaran karhutla
 
Dikatakan Zikru, sejumlah program maupun inovasi yang dijalankan Kelurahan Guntung Manggis hingga memperoleh terbaik satu pada lomba kelurahan tingkat Kalsel diantaranya program Jemput Bola (Jebol).
 
Dijelaskan, program tersebut berupa pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk dalam data DTKS dan penerima PKH agar menerima bantuan termasuk pendataan rumah tidak layak huni untuk renovasi.
 
Kemudian, program Mibar atau Minggu Babarasih yakni aksi gotong royong membersihkan lingkungan di tingkat RT dan program Sajari atau Sadar Pajak Dari Diri Sendiri untuk mendorong penerimaan PBB.

Baca juga: PLN tebar 1.700 paket kurban bagi masyakarat Banjarbaru
 
Selanjutnya, kelurahan juga melayani konsultasi melalui media sosial WA yang dikirimkan kepada petugas pelayanan seperti menanyakan persyaratan layanan termasuk juga pengaduan pelayanan di kelurahan. 
 
Kelurahan juga menerapkan aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK) yakni program aplikasi yang bisa diakses online mengurus salah satu layanan di kelurahan.
 
"Kami bersyukur karena program dan inovasi yang dijalankan dilengkapi data administrasi dan verifikasi lapangan hingga pemaparan secara langsung membawa kami meraih prestasi terbaik di Kalsel," kata dia.
 
Dikatakan Zikru pula, prestasi terbaik lomba kelurahan tingkat Kalsel juga pernah diraih Kelurahan Guntung Manggis bahkan sampai masuk 10 besar nasional sehingga memasang target terbaik di tingkat regional.
 
Zikru menuturkan, target terbaik regional Kalimantan telah disiapkan matang mulai dari kelengkapan data yang disampaikan pada 3 juli 2023. Jika lulus lima besar mempersiapkan kunjungan lapangan dari pusat.
 
"Kunjungan kembali difokuskan pada beberapa titik yang sebelumnya sudah menjadi lokus kunjungan. Jika masuk tiga besar hingga pemaparan dipusat akan menyiapkan kembali bahan pemaparan," katanya. 
 
Terakhir, Zikru memohon doa dan dukungan masyarakat Banjarbaru khususnya Guntung Manggis agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam lomba tingkat regional hingga meraih prestasi terbaik.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru bagikan daging kurban ke penyandang disabilitas


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023