Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mencanangkan gerakan menanam cabai yang menjadi salah satu upaya mengendalikan laju inflasi.
 
"Kami mencanangkan gerakan menanam cabai ini sebagai salah satu upaya mengendalikan inflasi agar kenaikan harga bahan pokok tidak membebani masyarakat," ujar bupati di Martapura, Senin.

Baca juga: Bupati Banjar minta masyarakat jaga tradisi haul para aulia
 
Pernyataan itu disampaikan bupati saat memimpin apel rutin gabungan ASN dan pegawai Pemkab Banjar dihadiri Kapolres AKBP Ifan Hariyat dan Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring.
 
Menurut Saidi, jumlah tanaman cabai jenis cabai merah yang ditanam sebanyak 1.600 bibit dan dibagikan kepada ASN dan pegawai lingkup Pemkab Banjar, personel TNI-Polri serta seluruh lapisan masyarakat.

"Ribuan bibit cabai yang disiapkan dibagikan kepada ASN maupun pegawai, personel TNI-Polri serta masyarakat. Diharapkan, semuanya menanam salah satu komoditas pemicu inflasi itu," ucapnya.

Baca juga: Bupati Banjar sumbang satu sapi kurban jenis Limousin
 
Ditekankan Saidi, pihaknya sangat mendorong masyarakat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri melalui berbagai langkah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar yang ditanami berbagai tanaman.
 
"Tentunya tanaman produktif yang bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga sehingga mereka tidak perlu membeli tetapi sudah dapat dari hasil tanam sendiri di sekitar tempat tinggalnya," sebut dia.
 
Saidi menuturkan, pihaknya bersama pemangku kepentingan berupaya mengambil langkah-langkah cukup strategis untuk mengendalikan laju inflasi sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
 
"Penanaman cabai ini sebagai salah satu upaya pengendalian disamping langkah lain menjaga ketersediaan bahan pokok di pasaran sehingga kebutuhan mencukupi dan seluruh masyarakat menikmati," ungkapnya.
 
Bupati Saidi berterima kasih kepada Kapolres dan Dandim yang hadir dalam apel gabungan ASN sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan yang dilakukan untuk membantu kebutuhan pangan masyarakat.
 
"Kami berterima kasih baik kepada Kapolres maupun Dandim yang tentu mendukung upaya pengendalian laju inflasi melalui penanaman bibit cabai yang juga melibatkan personel TNI-Polri," katanya.

Baca juga: Bupati Saidi apresiasi DPRD atas pengesahan perda pertanggungjawaban APBD
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023