Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengajak warga Banjar di Provinsi Jambi bergandengan tangan membantu pemerintah daerah setempat untuk mengakselerasi pembangunan.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov Kalsel di Banjarmasin, Minggu, Paman Birin menghadiri halal bihalal dan pengukuhan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Baca juga: Paman Birin hadiri halal bi halal Kerukunan Bubuhan Banjar di Jawa Timur

“Pada momen ini saya berharap warga bubuhan Banjar membantu Pemerintah Provinsi Jambi untuk bergerak meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Paman Birin.

Paman Birin menekankan Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di daerah memiliki peranan penting dalam menjaga dan mendorong silaturahmi yang kuat antara orang Banjar.

Paman Birin menyatakan KBB harus menjadi agen perubahan yang memelihara dan mengembangkan kebersamaan serta kecintaan terhadap budaya Banjar di tengah perkembangan zaman dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan Banjar, memperkuat identitas sebagai "Urang Banua".

Paman Birin berpesan kepada "Bubuhan" atau warga Banjar untuk bersama-sama menjaga nilai persatuan dan kesatuan.

Baca juga: FSKB lakukan lawatan ke negara Asean mempererat silaturahmi kulaan Banjar

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengaku terinspirasi dengan kepemimpinan Paman Birin yang dekat dengan masyarakat dan aktif membangun masjid, serta membantu tempat ibadah lainnya.
Al Haris bercerita sempat beberapa kali mengunjungi Kalsel dan berziarah ke makam KH Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul dan ke makam Syech Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan.

Gubernur Jambi meminta masyarakat Bubuhan Banjar agar tidak lupa kepada leluhur.

“Meski kita telah merantau ke daerah lain tapi kita tidak boleh melupakan asal usul leluhur kita, ini sejarah yang tidak boleh dilupakan,” katanya.
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor hadiri halal bihalal dan pengukuhan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (25/6/2023) (ANTARA/HO-Biro Adpim Kalsel)
Baca juga: Wasekum PP KBB Silaturrahmi dengan Pimpinan PW KBB DIY

Sementara itu, Ketua KBB Provinsi Jambi Yusdi Anra mengatakan saat ini warga Banjar di Provinsi Jambi mencapai kurang lebih 135 ribu orang yang tersebar pada 11 Kabupaten Kota. Tercatat, warga Banjar mayoritas bermukim di Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi dan Tanjung Jabung Timur.

Menurut Yusdi, kepengurusan baru KBB di Jambi tersebut merupakan langkah strategis diawali dengan menyatukan visi dan misi orang Banjar untuk berkontribusi membangun daerah, serta tetap memelihara nilai persatuan dan kesatuan.

Pada kegiatan tersebut Paman Birin juga melantik Kerukunan Bubuhan Banjar Provinsi Jambi periode 2023-2027.

Baca juga: "Paman Birin" dikukuhkan Ketua KBB Sadunia

Seperti kedatangan Paman Birin ke daerah lain, Paman Birin membawa oleh-oleh khas Banjar, seperti kue bingkai, kaos hingga kain Batik Sasirangan saat silaturahmi KBB di Jambi.

Warga Bubuhan Banjar di Jambi yang hadir pun mendapat oleh-oleh khas dari Paman Birin ini.

Pada acara pelantikan tersebut, turut hadir istri Gubernur Kalsel Raudatul Jannah, Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara Zakly Asswan, Staf Khusus Gubernur Achmad Maulana dan Taufik Arbain, pengurus KBB se-Dunia Rusbandi serta sejumlah Kepala SKPD Pemprov Kalsel.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023