Kesenian Sinoman Hadrah beserta lantunan Shalawat, sambut Kehadiran Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta rombongan di Halal Bihalal bersama masyarakat Banjar yang tergabung dalam Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur, di Gedung ASEEC Kampus B Universitas Airlangga Surabaya Jatim, Minggu.

Pada sambutannya, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga menjabat sebagai Ketua Umum KBB Se-Dunia, menyampaikan, melalui momentum silaturahmi, pentas seni, serta bazaar Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur dapat membangun rasa optimisme, rasa yakin, dan kebanggaan serta memperkuat persatuan.

Pada acara itu juga di hadir KH Wildan Salman atau Guru Wildan, Pejabat Utama Pemprov Kalsel, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Timur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina - Ariffin Noor, serta ribuan urang Banjar  yang berada di Jawa Timur.

Paman Birin pun mengucapkan terimakasih pada penyelenggara yang telah mengundangnya untuk bersilaturahmi di Surabaya Jawa Timur.

“Momen ini menjadi kesempatan bagi kita semua untuk saling melepas rindu dan menyambung tali silaturahmi,” katanya.

Paman Birin menuturkan, dengan berlangsungnya kegiatan halal bihalal, yang dirangkai dengan pentas seni dan bazaar ini, kita dapat menyaksikan bahwa banyak sekali tokoh-tokoh masyarakat Banjar sukses dan ersebar di seluruh nusantara.

“Sejak dahulu hingga nanti, kiprah urang Banjar telah dan akan terus memberikan warna dan peran yang signifikan bagi kemajuan bangsa Indonesia,” ucapnya.
 
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor hadiri acara Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur, di Gedung ASEEC Kampus B Universitas Airlangga Surabaya Jatim, Minggu (15/05/2023) (ANTARA/HO-Biro Adpim Kalsel)

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Edi Sukrianto, mewakili Gubernur Jawa Timur, menyampaikan apresiasinya pada kegiatan yang diselenggarakan KBB Jatim tersebut.

“Ibu Gubernur menyampaikan bahwa masyarakat Kalimantan Selatan dan masyarakat Jatim memiliki hubungan yang sangat erat, dimana sejak dulu keeratan persaudaraan tersebut dibalut oleh bhinneka tunggal Ika,” katanya.

Dilanjutkan Benny, hari ini kita memiliki tantangan yang cukup kompleks terkait intoleransi dan sejenisnya. Namun demikian, hal tersebut akan terkikis oleh kegiatan seperti halal bihalal.

“Halal bihalal menjadi inspirasi tentang penghargaan cinta tanah air dan kesetiakawanan sosial,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan pelantikan para pengurus KBB Jatim yang disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang juga menjabat sebagai Ketua Umum KBB Se-Dunia.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023