Pengukuhan Paman Birin sebagai pucuk pimpinan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB)  Sedunia 22 Januari 2023 ditandai penyerahan surat keputusan dan pataka atau lambang kehormatan KBB oleh Ketua Tim Formatur, Alamsyah.

Namun menurut salah satu humas KBB sedunia, Datu Lacuk Kepada Antara Kalsel, di Banjarmasin, Jumat ada yang menarik di kepengurusan KBB sedunia periode 2022-2026.

Dalam hal ini terbentuknya Koordinator Wilayah Kalimantan membawahi lima Provinsi meliputi Kalimantan Timur,  Kalimantan Selatan,  Kalimantan Barat,  Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara yang di ketua oleh Bapak Dr. Ir. H. Irianto Lambrie.

Irianto Lambrie yang juga ketua Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (PW KBB-KT) bukan hanya Kalimantan juga terbentuk koordinasi Wilayah yang lain yaitu sebagai berikut. 

Kordinator Wilayah Kalimantan  Dr H Irianto Lambrie, Koordinator Wilayah Sumatera Arfani Kadri, Koordinator  Wilayah Jawa H Noor Alamsyah, Koordinator  Wilayah Sulawesi Muhammad Had, dan Koordinator Wilayah Bali dan Nusatenggara Nanang Edward.

Sementara  Koordinator Negara Malaysia Burhainudin H Muhammed,Koordinator Wilayah Negara Singapora Zulkiflee Bin Mohamad, yang terakhir Koordinator Wilayah Negara Brunei Haji Amiruddin bin haji Muhammad Yunus,katanya. 

Menurut Datu Lacuk sebagai Korwil Kalimantan PP KBB sadunia bapak Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, berharap  sebagai warga Banjar di wilayah Kalimantan melakukan hal-hal yang bisa Memperkuat jalinan silaturahmi dan kerakatan bubuhan Banjar di Kalimantan.

Kemudian juga m ningkatkan kualitas konsolidasi KBB di Wilayah Kalimantan, antara lain mendorong tertib administrasi organisasi, meminta pengurus wilayah (PW} KBB di Kalimantan untuk menjalankan mekanisme organisasi yang sehat dan berkelanjutan.

Seperti Muswil tepat waktu dan pergantian pengurus antar waktu secara dinamis, memperkuat hubungan komunikasi dan silaturahmi KBB di Wilayah Kalimantan dengan PP KBB, PW KBB Wilayah lainnya dan KBB di Malaysia serta Brunei Darussalam.

Selain itu mendorong PW KBB Wilayah Kalimantan memiliki Sekretariat yang representatif, meningkatkan partisipasi PW KBB Wilayah Kalimantan dalam pembangunan di daerahnya masing-masing, baik dari aspek politik dan ekonomi maupun aspek sosial dan budaya secara berkesinambungan. 

Hal lain juga ada perwakilan dari Kabupaten Berau Kalimantan Timur yang selalu aktif menginformasikan habar habar terkini perkembangan Kerukunan Bubuhan Banjar  juga tentang budaya Banjar yaitu ia sendiri yang menjadi anggota publikasi di PP KBB sedunia. terus menyampaikan pesan dan semboyan Bergerak, Banjar Menjemput Dunia, dan KBB Rumah ganal bubuhan banjar sadunia.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023