Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan terus berupaya menekan tingkat pengangguran terbuka melalui inovasi Bengkel Sahabat Bina Tenaga Kerja dan Pelatihan Wira Usaha.

Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Disnaker Kabupaten Tabalong Lyla Susanti mengatakan melalui inovasi ini sebanyak 3.267 tenaga kerja berhasil  terserap sejak 2019 hingga 2022.

Baca juga: Bupati Tanah Laut: PKH solusi entaskan kemiskinan

 "Melalui inovasi ini tenaga kerja yang terserap mencapai 3.267 orang," jelas Lyla di Tabalong, Selasa.

Inovasi Bengkel Sahabat sendiri dilaksanakan sejak 2019 dan rencana Juli 2023 akan dilaunching kembali bersamaan pelaksanaan forum ketenagakerjaan dengan melibatkan kalangan dunia usaha.

Lyla menambahkan inovasi ini satu upaya mendorong perluasan kesempatan kerja, meningkatkan partisipasi angkatan kerja dalam rangka mengurangi pengangguran dan jumlah penduduk miskin serta peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Kalsel lakukan rehabilitasi sosial 47 rumah tidak layak huni

Untuk jumlah wira usaha baru di 'Bumi Saraba Kawa' hingga Desember 2023 sebanyak 21.816.

"Mencetak wira usaha baru menjadi program prioritas Bupati Tabalong dan saat ini telah melebihi target 10 ribu dengan realisasi 21.816 orang," jelasnya.

Program mencetak wirausaha baru dan calon tenaga kerja terampil juga mendapat dukungan dana CSR dari PT Adaro Indonesia dan mitra kerja melalui kegiatan pelatihan.

Hingga kini UPT BLK Disnaker Tabalong telah memberikan pelatihan keterampilan sebanyak 1.884 siswa.

"Adaro dan mitra memberi kesempatan lulusan BLK untuk ikut program magang agar menjadi calon tenaga kerja terampil," jelas Lyla.

Saat ini 20 lulusan BLK akan mengikuti program pemagangan untuk bidang desain grafis dan tenaga adninistrasi di Adaro dan mitra kerja.

Baca juga: Cegah kemiskinan ekstrim, pekerja di Banjarmasin terima perlindungan

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023