Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mendorong desa yang sudah menyandang status sebagai desa berkembang mampu menjadi desa mandiri yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
 
"Kami berharap desa berkembang menuju desa mandiri sehingga bisa mendorong penyelenggaraan desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya di Martapura, Kamis.

Baca juga: Pemenang lomba posyandu diharap jadi percontohan desa
 
Pernyataan tersebut disampaikan bupati di sela penyerahan hadiah pemenang lomba desa tingkat Kabupaten Banjar tahun 2023 yang digelar di halaman Mahligai Sultan Adam Martapura.
 
Diketahui, lomba yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menetapkan Indrasari Kecamatan Martapura sebagai juara 1 disusul Desa Lakum juara II dan juara III Desa Sungai Rangas Tengah.
 
Menurut Saidi, desa mandiri mampu menjalankan berbagai aspek fungsi, tugas dan tanggung jawab desa sehingga lebih optimal khususnya dalam memberikan pelayanan dan mensejahterakan masyarakat.

Baca juga: Tanah Bumbu raih juara lomba inovasi teknologi
 
"Mengikuti lomba dan menjadi juara bukan tujuan utama tetapi dampak positifnya demi pemerintahan desa lebih baik, transparan, akuntabel dan menjadi daya pengungkit bagi desa lain, itu yang utama," ungkapnya.
 
Saidi menekankan, Desa Indrasari yang terpilih mewakili Kabupaten Banjar mengikuti lomba desa tingkat provinsi Kalsel harus lebih baik lagi mempersiapkan mengikuti lomba antara kabupaten dan kota itu.
 
"Kami minta, pemerintahan desa lebih maksimal mempersiapkan diri sehingga mampu meraih hasil yang terbaik meski pun juara bukan tujuan utama tetapi menjadi contoh bagi desa lain itu yang utama," tegasnya.
 
Kepala Dinas PMD Banjar Syahrialuddin mengatakan, juara I lomba desa mewakili Kabupaten Banjar di lomba tingkat provinsi dan akan dipersiapkan sehingga mampu meraih prestasi terbaik.
 
"Hasil penilaian lomba tingkat Kalsel sudah diketahui minggu depan dan diputuskan kabupaten dan kota yang masuk lima besar penilaian sebelum diputuskan menjadi juara I, II dan juara III," katanya.

Baca juga: Penilaian lomba Posyandu tingkat kabupaten dilaksanakan awal Mei
 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023