Persatuan Indonesia Wartawan (PWI) Jawa Timur melamar tokoh pers Akhmad Munir menjadi calon Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028 pada kongres yang dijadwalkan digelar di Bandung, Jawa Barat pada akhir September mendatang.

“Ada banyak pertimbangan kenapa kami memutuskan mendukung Pak Munir sebagai ketua umum PWI,” ujar Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim di Surabaya, Rabu.

Baca juga: Akhmad Munir Promosi Jadi Dirpem ANTARA

Lutifil mengatakan tidak hanya PWI Jatim yang mendorong Munir, namun beberapa PWI dari sejumlah provinsj lain pun berkomitmen mendukung pria disapa Cak Munir tersebut.

Lutfil menyatakan Cak Munir layak memimpin PWI Pusat karena kader asli PWI yang memulai karier dari bawah, yaitu Ketua SIWO Jatim selama dua periode, Ketua PWI Jatim (dua periode), dan saat ini menjabat Wakil Ketua Bidang Daerah PWI Pusat.

Selain itu, Munir sebagai Direktur Pemberitaan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA sejak 2018 hingga sekarang, dianggap mumpuni untuk maju pada kongres PWI mendatang.

“Artinya, figur dan ketokohan beliau, terutama di lingkungan PWI sudah sangat mengakar dan sangat tepat sekaligus sebagai regenerasi kepemimpinan PWI ke depan,” tutur Cak Item, sapaan akrab Lutfil Hakim.

Baca juga: Perum LKBN ANTARA miliki direksi baru

Selama menjabat posisi penting di PWI, kata dia, Munir selalu menunjukkan kepemimpinan mumpuni, bahkan mendapatkan respek dari anggota maupun berbagai kalangan serta komunitas.

Karena itulah, Lutfil menuturkan PWI Jatim sangat bangga dengan sepak terjang Cak Munir di dunia kewartawanan, sebagai pimpinan PWI di Pusat dan Jatim, maupun sebagai Direksi LKBN ANTARA.

PWI, lanjut Cak Item, sebagai asosiasi jurnalis terbesar harus mampu menghadirkan figur pemimpin bisa menjawab tantangan zaman yang semakin komplek, terutama dinamika di dunia informasi.

"Sehingga PWI tetap bisa dipandang sebagai organisasi profesi jurnalis yang bermartabat, profesional dan berwibawa, yang benar-benar dibutuhkan oleh dunia kewartawanan maupun oleh seluruh stakeholder serta masyarakat secara umum," katanya.

Baca juga: Bupati Banjar MoU dengan Direksi LKBN Antara

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023