Sejumlah aspirasi yang muncul hingga hari kedua reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas ada tiga di antaranya yang menonjol.

"Tiga aspirasi konstituen atau warga Kota Banjarmasin tersebut dua berupa infrastruktur dan satu masalah pendidikan," ujarnya usai melaksanakan reses hari kedua, Senin.

Baca juga: Ketua Komisi III DPRD reses serap aspirasi bidang pendidikan

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu menerangkan, aspirasi warga "kota seribu sungai" Banjarmasin tersebut memohon pembangunan jembatan dari lajur Jalan Cemara - Sungai Andai guna lebih memudahkan hubungan serta mengurangi kemacetan arus transportasi.

Selain itu, pelebaran Jalan Cempaka Raya yang merupakan jalan provinsi, karena keadaannya sekarang hampir kualahan menampung arus lalulintas yang semakin padat.
Sedangkan satu aspirasi terkait masalah pendidikan, ungkap Suripno yang mencalonkan kembali menjadi anggota DPRD Kalsel pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, warga wilayah Pelambuan dan sekitarnya mengharapkan pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pasalnya warga Pelambuan dan sekitarnya Kecamatan Banjarmasin Barat kesulitan melanjutkan pendidikan ke SMA karena terkendala sistem zonasi, kecuali bagi yang berprestasi atau bakat/keahlian khusus seperti bidang olahraga, ungkap Suripno.

Baca juga: Ketua DPRD Banjarmasin ketok reses dilakukan per anggota dewan

Alumnus Universitas Lambung Mangkurat (ULM d/h Unlam) Banjarmasin itu akan menindaklanjuti aspirasi warga Kota Seribu Sungai tersebut sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku seperti mengonsultasikan dengan pihak terkait.
Paket sembako buat konstituen saat Snggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Suripno Sumas melaksanakan reses di Banjarmasin, Senin (12/6/23) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Sebagai contoh aspirasi pelebaran jalan provinsi atau Jalan Cempaka Raya Banjarmasin akan mengkoordinasikan dengan anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel.

"Begitu pula aspirasi pembangunan SMA yang juga merupakan urusan pemerintah provinsi (Pemprov) akan kita koordinasikan dengan Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel yang juga membidangi pendidikan," demikian Suripno Sumas.

Masa'reses anggota DPRD Kalsel masa sidang II Tahun Sidang 2923, mulai 11 - 18 Juni, dan Suripno Sumas sudah melaksanakan pada tiga titik yang juga ditandai dengan pembagian paket sembako.

Baca juga: Anggota DPRD Kotabaru sinergikan pembangunan desa
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023