Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan melakukan reses di wilayah Kecamatan Kelumpang Selatan sebagai salah satu upaya dalam mensinergikan program pembangunan  antara program Pemkab dan desa.

Arbani, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru mengatakan, reses di sejumlah desa di Kecamatan Kelumpang Selatan sebagai upaya menggali dan menyerap aspirasi masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

"Infrastruktur yang menunjang usaha pertanian dan perkebunan masih menjadi point utama yang disampaikan masyarakat," kata Arbani saat menggelar pertemuan dengan masyarakat Desa Bumi Asih melalui siaran Pers Senin

Menurut dia, usulan yang disampaikan oleh warga berupa fasilitas umum seperti jalan lingkungan dan tempat-tempat ibadah, sekolah serta tempat makam perlu rehab pagar,penerangan jalan umum,bantuan untuk kelompok tani dan perikanan.

lanjutnya, bidang dan sektor lain yang juga disampaikan agar diakomodir oleh pemerintah daerah, yakni terkait sosial, keagamaan serta sumber daya manusia (SDM) serta susah nya pupuk bersubsidi didapat para petani.

Arbani menyebutkan, masih banyaknya  guru honor sekolah dengan masa kerja puluhan tahun belum diangkat menjadi guru insenda perlu menjadi perhatian pemerintah daerah.

Ia meminta kepada pihak desa agar kiranya  dapat dibuatkan berita acara masing masing pengusul  agar membuat proposal usulan yang nantinya  akan menjadi bagian dari hasil reses menyerap aspirasi dan akan  ditindaklanjuti serta di paripurnakan di DPRD sebagai wujud usulan pokok pokok pikiran anggota DPRD pada  Musrenbang Kabupaten Kotabaru.

Arbani berharap, dengan adanya serapan permasalahan di masing masing desa tidak lagi terjadi tumpang tindih program program yang menjadi acuan sekala prioritas dalam pembangunan desa.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023