Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Harry Wijaya mengetok keputusan bahwa kegiatan reses dewan atau acara menampung aspirasi masyarakat pada tahun 2023 dilakukan per anggota dewan.
 
"Sudah diputuskan. dalam rapat paripurna internal tadi  kegiatan reses tahun 2023 per anggota dewan," ujarnya di gedung dewan kota, Rabu.
 
Dinyatakan dia, hasil keputusan rapat paripurna internal untuk kegiatan pada Februari ini sesuai dengan hasil rapat antarketua fraksi yang hampir semua menghendaki perubahan sistem pelaksanaan reses dewan dari per kelompok ke per orang.
 
Reses dewan Kota Banjarmasin, ungkap Harry, dilaksanakan antara Maret atau April 2023.
 
"Jadi bagian sekretariat dewan masih menyusun jadwalnya, sekitar bulan Maret atau paling lambat bulan April," ujarnya.
 
Dinyatakan dia, kegiatan reses merupakan waktu anggota DPRD melakukan kunjungan ke konstituen atau daerah pemilihan (Dapil) untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat. 
 
Itu berarti, reses dilakukan dalam kerangka anggota DPRD menjalankan tugasnya dalam hal legislasi, penganggaran dan pengawasan.
 
"Kita buat acara, undang masyarakat pendukung kita, kita tampung segala aspirasi mereka," ujar Harry.
 
Beberapa tahun lalu, ungkap dia, kegiatan reses ini dilakukan per kelompok, sesuai daerah pemilihan.
 
"Sebenarnya dari dulu reses dewan ini per orang, tapi karena terjadi pandemi COVID-19, hingga dibuat per kelompok, karena pertimbangan menghindari kerumunan, sekarang kondisinya sudah membaik, jadi kembali ke per orang, lebih efektif," ujarnya.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023