Asisten Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN), I Gusti Ngurah Agung Yuarta Endrawan, mengingatkan agar pemerintah daerah (Pemda) lebih selektif memilih pejabat. 

"Pejabat harus berkompeten, sesuai dengan bidangnya," ujar Yuarta melalui keterangan tertulis di Rantau, Kabupaten Rantau, Sabtu.

Baca juga: Sekda Tapin mulai rencana peningkatan kualitas ASN

Saat sosialisasi di Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Yuarta menyampaikan proses seleksi jabatan juga harus dilakukan secara terbuka dan transparan untuk seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

"Ketika tidak menaruh atau memilih orang yang tepat kita tahu sendiri risikonya," kata Yuarta.

Yuarta mengatakan pemilihan pejabat pemda harus tepat karena pergerakan pembangunan yang diawaki organisasi pemerintah harus berjalan dinamis. 

"Laju roda pemerintah ini kan harus cepat," ucap Yuarta.

Dampak positif lainnya, dinilai Yuarta, apabila pemerintah daerah sudah mampu secara penuh menunaikan sistem tersebut, maka akan berdampak besar terhadap masyarakat. 

Baca juga: ASN di Tapin budidaya lalat tentara hitam hemat pakan ternak

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin Sufiansyah merespon terhadap pencerahan dan arahan dari KASN tersebut terkait sosialisasi norma dasar, kode etik dan kode perilaku serta penerapan sistem meritokrasi dan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi pemerintahan.

"Banyak masukan dari Pak Gusti. Penjelasan KASN ini luar biasa positif untuk Pemkab Tapin," ungkap Sekda Tapin.

Terkait pengangkatan jabatan, Sufiansyah mengaku telah menjalankan sesuai aturan dan selektif memilih atau melakukan pengangkatan jabatan. 

Baca juga: Bupati Tapin ambil sumpah 207 ASN baru

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023