Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melibatkan mahasiswa pada Kuliah Kewirausahaan Pemuda yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI) untuk menumbuhkan minat wirausaha sekaligus meningkatkan kompetensi.

"Tentunya program ini sangat bagus bagi mahasiswa ULM dalam hal pengembangan diri di bidang kewirausahaan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat buka Program Doktor Administrasi Pendidikan

Menurut dia, Program Kuliah Kewirausahaan Pemuda sangat bermanfaat dan inovatif karena mahasiswa didorong dan didampingi oleh asistensi tim Kemenpora untuk membuat penciptaan lapangan kerja dan juga kesempatan bekerja.

Apalagi strategi pengembangan kewirausahaan pemuda tersebut diawali dengan membangun pola pikir bahwa lulusan perguruan tinggi harus bisa menciptakan lapangan kerja bukan sebagai pencari kerja.

Saat ini, Alim menyebutkan ada sekitar 600 mahasiswa ULM aktif berwirausaha dengan menjalankan bisnis secara mandiri.

Angka tersebut ditargetkan meningkat hingga 1.000 mahasiswa pada tahun ini seiring beragam program kampus yang mendukung tumbuhnya wirausaha muda.

Baca juga: ULM hadirkan Menpora saat peluncuran POMNAS di Kalsel

ULM sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggul di Kalimantan Selatan dengan 30 ribu lebih mahasiswa dipercaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi tuan rumah penyelenggara Program Wirausaha Merdeka yang diikuti ratusan mahasiswa dari 15 perguruan tinggi.

Selama satu semester mahasiswa dibekali magang, business plan, mentoring dan pendampingan serta kunjungan industri ke beberapa perusahaan dan industri di Kalimantan Selatan.

"Prinsipnya kampus membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa yang berwirausaha sebagai dukungan mencetak pengusaha muda tanpa mengganggu aktivitas perkuliahan," ujar Rektor ULM.

Baca juga: ULM jamin biaya kuliah dan hidup mahasiswa disabilitas

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023