Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al-Habsy meminta Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mengawal program yang disiapkan untuk menurunkan angka stunting di kabupaten setempat.
 
"Kami minta semua yang terlibat dalam TPPS mengawal program penurunan stunting sehingga bisa mengetahui keberhasilan program yang dijalankan," ujarnya di Kota Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Ketua TPPS Kotabaru dorong penanganan stunting hingga ke pelosok.
 
Pernyataan itu disampaikan Wabup pada acara rembuk stunting strategi rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting melalui intervensi spesifik dan intervensi sensitif bertempat di Banjarbaru.
 

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Banjar guna percepatan penurunan stunting Kabupaten Banjar 2023.
 
Menurut wabup yang juga Ketua TPPS Banjar, data terbaru yang telah dihimpun menunjukan Kabupaten Banjar memiliki tingkat prevalensi stunting cukup tinggi mencapai 40,2 persen pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Wabup HSS pimpin rakor percepatan penurunan stunting di wilayah Daha
 
"Meski pun telah terjadi penurunan yang signifikan menjadi 26,4 persen berkat upaya bersama, namun masih jauh di atas standar yang ditetapkan WHO sehingga diperlukan usaha lebih keras lagi," ucap wabup.
 
Said Idrus menuturkan, mengatasi permasalahan itu perlu dilakukan dua jenis intervensi yakni intervensi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi sensitif atasi penyebab tidak langsung.
 
"Penting bagi kita menjalankan kedua intervensi itu baik secara langsung maupun tidak langsung secara konvergen, holistik dan integratif sehingga percepatan penurunan tercapai," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, Wabup mengajak TPPS mulai tingkat kabupaten, kecamatan dan desa bekerja secara maksimal dalam memantau dan juga mengawal program-program penurunan stunting.
 
Baca juga: TPPS HSS lakukan pemetaan untuk penanganan stunting
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023