Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Hulu Sungai Selatan (HSS) telah mengkonsultasikan meminta penghentian sementara angkutan tambang galian C selama tiga hari pelaksanaan Festival Loksado 2023.

Kepala Disporapar HSS, Efran, di Kandangan, Kamis, mengatakan pihaknya telah mengkonsultasikan permintaan tersebut dengan Polres HSS dan Dinas Perhubungan (Dishub).

"Jadi penghentian sementara ini dalam mendukung kegiatan festival yang juga dirangkai dengan event Tour de Loksado selama tiga hari, dari tanggal 7 sampai dengan 9 Juli 2023," ujar Efran.

Baca juga: Pemkab HSS Siapkan 100 Lanting Pada Festival Loksado

Selain itu, terkait infrastruktur khususnya akses jalan  menuju Loksado menjadi perhatian pihaknya, dan dalam hal ini sangat memerlukan dukungan teknis dari SKPD terkait dalam koordinasi dan penanganannya.

Akses jalan ini terutama ruas jalan dari Wilayah Kecamatan Padang Batung menuju Kecamatan Loksado, yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Pihaknya berharap pada saat event Tour de Loksado dan Festival Loksado nanti, ruas jalan tersebut sudah dalam kondisi yang baik dan dapat memberi kenyamanan bagi penggunannya.

Baca juga: Festival Loksado Majukan Pariwisata dan Kesejahteraan Masyarakat

Diketahui, untuk tahun ini event Tour de Loksado masuk dirangkaian jadwal Festival Loksado, selain dalam memeriahkan festival juga bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan di KPSN Loksado.
8"Dan berdasarkan hasil koordinasi dengan PIC KEN 2023 Kemenparekraf RI, kita tidak menghadirkan artis ibu kota, disarankan artis daerah Kalsel saja, bentuk sajian dan pertunjukkan musik komtemporer atau kolaborasi tradisi dan modern," pungkas Efran.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023