Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor  bersama Bupati Tanah Laut HM Sukamta, dan Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalsel menanam  7.000 bibit mangrove di pesisir pantai Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Selasa. 

Gubernur Kalsel  H Sahbirin Noor mengungkapkan,  penanaman bibit mangrove merupakan bagian dari program Revolusi Hijau untuk mengatasi perubahan iklim. 

Baca juga: Jaga pesisir dari abrasi, Ketua DPRD dukung penanaman mangrove

"Penanaman bibit mangrove merupakan bagian dari program Revolusi Hijau telah kita canangkan bertahun-tahun. Ini upaya kita untuk paling tidak mengurangi panas dirasakan," kata Sahbirin, pada  puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2023.  
Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga melaunching atau meluncurkan program  Net Zero Emission From the Ocean (Nemo) sebagai program dalam upaya pemulihan wilayah pesisir, adaptasi, dan mitigasi perubahan iklim serta pengurangan emisi karbon mulai dari pesisir. 

Salah satu tokoh Kabupaten Tanah Laut Abdul Kadir sangat mendukung upsya Pemprov Kalsel dan Pemkab Tanah Laut melakukan penanaman bibit pohon mangrove tersebut.

Menurut Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan, penanaman bibit pohon sangat penting bagi kelestarian lingkungan agar bumi semakin hijau dan habitat hewan bisa  berkembang biak dengan baik.

Baca juga: Jaga pesisir dari abrasi, Ketua DPRD dukung penanaman mangrove

Sebelumnya, ungkap dia, pihaknya bersama PD PPM Kalsel juga ikut berpartisipasi menanam pohon di sekitar Gunung Timah, Kecamatan Panyipatan, Tanah Laut.

"Semoga tanaman yang kita tanam bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar," tutupnya.
 
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin bersama Bupati Tanah Laut HM Sukamta, dan Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalsel menanaman 7.000 bibit mangrove di pesisir pantai Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Selasa (6/6/2023).Foto: ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023