Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina meresmikan Kampung Merah Putih atau disingkat Kamaratih di Jalan Cengkeh dan Jalan Ar-Rahman, Sungai Andai, Banjarmasin Utara pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2023.
 
"Ini sebagai simbol cinta tanah air dan bangsa," ujarnya di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Banjarmasin govt bolsters red and white villages
 
Menurut Ibnu, pencanangan Kampung Merah Putih di Sungai Andai ini satu-satunya di Kota Banjarmasin, bahkan untuk di provinsi Kalsel.
 
"Karena kita belum pernah ada mendengar daerah lain bentuk kampung merah putih ini, khususnya di Kalsel," ujarnya.
 
Ibnu mengungkapkan, terbentuknya kampung merah putih tersebut diawali dari warga setempat secara bersama-sama mengibarkan bendera merah putih dengan ukuran yang sama ditancapkan di depan rumah masing-masing.
 
"Mudah-mudahan ini adalah bagian dari edukasi kita kepada generasi yang akan datang termasuk juga untuk warga Kota Banjarmasin bisa menjadi tempat wisata edukasi," ujarnya.
 
Ibnu menerangkan, bahwa kampung merah putih merupakan binaan dari Kesbangpol Kota Banjarmasin melalui Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK).
 
"Karena di sini adalah tempat yang paling padat di Kelurahan di Banjarmasin, sehingga kemudian diharapkan dengan dimulai dari sini nanti akan menyebar kesemua kelurahan yang ada di kota Banjarmasin," harapnya.

Baca juga: Banjarmasin galakkan program kampung merah putih
 
Maka dari itu, Ia menyampaikan pencanangan Kampung Merah Putih di Kelurahan Sungai Andai itu adalah yang pertama dan berlanjut ke kelurahan lainnya.
 
"Mudah-mudah pionirnya di kawasan Sungai Andai ini untuk keseluruhan kelurahan juga bisa seperti ini," demikian kata Ibnu.
 
Untuk peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, Ibnu berpesan, sebagai momen untuk mengenang kelahiran Dasar Negara Indonesia, yaitu, Pancasila, saat yang tepat bagi semua untuk merepresentasikan makna dan nilai nilai luhur yang terkandung di dalamnya serta menerapkannya dalam kehidupan kita sehari hari.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023