Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengajak seluruh pemuda dan pemudi di Kota Banjarmasin melestarikan budaya daerah melalui prestasi dengan berinovasi dan memiliki kreativitas untuk berkompetisi.

“Anak muda punya peran penting membangun daerah diantaranya kepedulian terhadap lingkungan,” ucap Ibnu Sina saat menghadiri acara Grand Final Jambore Pemuda Indonesia dan Duta Pepelingasih Kota Banjarmasin 2023 di Banjarmasin, Sabtu tengah malam.

Baca juga: Nor Alia, Mahasiswi STAI Darul Ulum Kandangan ke jenjang JPI Nasional

Ibnu Sina menuturkan para pemuda yang berkompetisi di Kota Banjarmasin tersebut memiliki berbagai kreativitas kebanggaan dan memiliki nilai budaya.

“Kreativitas peserta semua bagus, semua bernuansa budaya lokal serta mengangkat isu daerah Banjarmasin,” katanya.

Ibnu Sina menyebutkan pemenang juara satu pada pemilihan Jambore Pemuda tersebut sebagai contoh menampilkan budaya lokal berupa “Kuda Kepang” bernuansa lokal Banjar.

Menurut Ibnu Sina, budaya tersebut sudah jarang ditampilkan oleh masyarakat.

Sehingga Ibnu Sina berharap segala jenis budaya lokal harus terus ditampilkan agar warisan budaya tersebut tidak punah dengan seiring berjalan waktu.

Baca juga: Yulianti Duta Jambore Pemuda Indonesia

Sementara itu, Ketua Pelestari Seni Budaya (Pelisdaya) Kota Banjarmasin Maulana mengatakan kegiatan pemilihan Jambore Pemuda Indonesia dan Duta Pepelingasih dibina oleh Disbudporapar Kota Banjarmasin.

“Para pemenang akan mengikuti pertandingan ditingkat provinsi, harapan kita semoga mereka dapat mewakili Kalimantan Selatan untuk mengikuti pertandingan ditingkat nasional,” ucapnya.

Pada tempat yang sama, Sri Annisa yang terpilih sebagai Duta Pemuda sekaligus sebagai Juara I pada pemilihan Jambore Pemuda Indonesia tingkat Kota Banjarmasin tersebut mengatakan pemuda harus terus memberikan peran positif terhadap pembangunan bangsa.

“Kita harus terus meningkatkan kualitas karena kita semua memiliki kesempatan yang sama,” ungkapnya.

Ia mengatakan akan mempersiapkan sebaik mungkin penampilan di tingkat provinsi saat mewakili Kota Banjarmasin bersama dengan tiga rekannya pada pemilihan Duta Pemuda Kalimantan Selatan.

Baca juga: Dua Pemuda HSS Ikuti Wakili Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023