Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menerima kedatangan dua orang pemuda yang akan mewakili  Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Program Kepemudaan Tingkat Nasional.

Dua orang tersebut yakni Ade Akbar Muttaqin peserta Kapal Pemuda Nusantara dan M. Amin Hasan Maulidi peserta Jambore Pemuda Indonesia.

Kedatangan keduanya  didampingi  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah dan Kepala Seksi Kebeasiswaan Dinas Pedidikan Erni Yulia.

Ade Akbar Muttaqin peserta Kapal Pemuda Nusantara adalah seorang guru honor di SMKN 1 Kandangan, salah satu dari 3 orang yang mewakili Kalsel, dua orang diantaranya dari Tapin dan Tanah Laut.

 Ade Akbar Muttaqin akan berangkat ke Jakarta pada  4 Oktober 2016 dan akan kembali ke HSS pada tanggal 25 Oktober 2016. Kegiatan Kapal Pemuda Nusantara ini selain diatas kapal juga ada di darat yakni bakti sosial.

Sedangkan M.Amin Hasan Maulidi peserta Jambore Pemuda Indonesia juga seorang guru honor di MAN 2 Kandangan sebagai salah satu dari 13 orang yang lulus dari 39 orang yang mengikuti seleksi.

Jambore Pemuda Indonesia akan dilaksanakan di Palangkaraya pada tanggal 27 - 29 Oktober 2016. Bupati mengucapkan selamat kepada keduanya,  karena sudah bisa membawa nama HSS ke tingkat nasional.

"Untuk mendapat kesempatan ini tidaklah mudah, tentu ada kelebihan dan perlu kerja keras. Kalau ingin maju berpikirlah yang seharusnya bukan berpikir apa adanya dan tidak terjebak dengan rutinitas yang ada," katanya.

Bupati mengungkapkan,  karena ajang tingkat nasional, tentu berbaur dengan utusan dari provinsi lain yang berbeda kultur dan budaya, maka hendaknya saling menghormati budaya orang lain sekaligus mempromosikan potensi yang ada di Kalsel khususnya di HSS.

Selain itu juga hendaknya pada ajang kegiatan Kapal Pemuda Nusantara dan Jambore Pemuda Indonesia ini bisa mendapatkan pengalaman dari daerah lain dengan belajar dan mengadopsi untuk diterapkan di daerah.

Sehingga setelah selesai pada ajang tingkat nasional ini, pengalaman yang didapat bisa disampaikan kepada generasi muda, apakah melalui forum osis dan lain sebagainya agar berikutnya tumbuh pemuda-pemuda lain untuk mengikuti jejak Ade Akbar Muttaqin dan M. Amin Hasan Maulidi.

Bupati berpesan agar keduanya bisa menjaga kesehatan dengan baik supaya semua program yang disusun oleh pemerintah di tingkat nasional bisa diikuti dengan baik. Selain itu, Ia juga berpesan agar pada saat mengajar bisa memotivasi anak untuk tetap menjaga diri selama sekolah dengan tidak melakukan hal yang negatif.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016