Pengusaha jasa ekspedisi Banjarmasin menyebutkan konveksi dan bahan olahan makanan mendominasi pengiriman melalui jalur laut di Banjarmasin, Kalimantan Selatan usai momen libur lebaran Idul Fitri.

Salah satu pebisnis jasa ekspedisi Saut Nathan Samosir di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan geliat pengiriman konveksi dan bahan olahan makanan merupakan hal biasa usai liburan Idul Fitri.

Baca juga: Polda Kalsel-Asperindo cegah penyelundupan narkoba dari jasa pengiriman

"Kalau konveksi para pedagang baju mulai menyiapkan stok untuk momen Idul Adha, makanya mereka mulai membeli lagi setelah barangnya banyak habis diborong saat Ramadhan lalu," ujar pemilik Ekspedisi Lintas Jawa Group itu.

Untuk bahan olahan makanan mulai ramai, diungkapkan Samosir, karena rumah makan dan restoran kembali beroperasi selepas momen libur lebaran sehingga meningkatkan permintaan bahan olahan makanan dari Pulau Jawa secara signifikan. 

"Para pedagang kelontongan yang mudik ke Jawa kan juga banyak yang sudah kembali. Otomatis mereka juga memerlukan banyak bahan olahan makanan agar bisa berjualan lagi," tutur Samosir.

Baca juga: Balai Karantina Banjarmasin minta jasa pengiriman pertanian kuasai aturan baru

Samosir juga menambahkan tidak kurang tiga sampai empat truk ukuran Fuso berangkat dari Surabaya ke Kota Banjarmasin per hari, untuk mengangkut berbagai barang yang dibeli oleh masyarakat Banua. 

Terus dikatakannya,  diprediksi kemungkinan kenaikan pengiriman barang akan terus terjadi sampai mendekati momen Lebaran Idul Adha. 

"Permintaan jasa ekspedisi ini akan terus naik lagi sampai mendekati momen Hari Raya Idul Adha karena itu sudah menjadi siklus tahunan," tuturnya.

Baca juga: Bea cukai waspadai pengiriman barang impor Tiongkok

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023