Ketua DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, Syairi Mukhlis menkritisi kurangnya partisipasi pelaku dunia usaha atau perusahaan dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Kotabaru ke-73 melalui Saijaan Expo 2023. 

"Gelaran Saijaan Expo 2023 ada beberapa perusahaan tidak turut serta memeriahkan, ini berbeda dengan Expo terdahulu," kata Syairi Mukhlis di Kotabaru, Senin.

Menurut Syairi, kemeriahan pameran terasa  kurang, karena partisipasi dari pelaku dunia usaha sangat kecil, sementara pelaku usaha yang berinvestasi di Kabupaten Kotabaru cukup banyak.

Maksudnya dalam kegiatan Saijaan Expo kali ini para perusahaan seharusnya wajib ambil bagian dalam kegiatan Saijaan Expo kali ini dalam rangka tranparansi program kerja mereka di wilayah kita.

"Karena mereka mengambil hasil dari bumi yang kemudian pasti akan mendapatkan profit yang besar dan tentu dari profit itu ada hak dan kawajiban yang harus mereka keluarkan," ucapnya.

lebih lanjut,  Pada momen Saijaan Expo inilah maunya mereka bisa menjelaskan apa saja program dari hasil CD/CSR yang diberikan kepada wilayah- wilayah yang menjadi tanggung jawab mereka baik ring 1 dan 2 maupun ring 3.

Program-program mereka bisa ditayangkan pada saat Expo melalui slide tayangan di televisi atau pada saat masyarakat datang dan mampir di stand dan bisa menjelaskan sejelas- jelasnya bahwa programnya ada beberapa sektor yang dilakukan terkait CD/CSR tersebut.

"Saya sangat menyayangkan ketika di Saijaan Expo ini digelar perusahaan tidak ambil bagian dan ini tentunya kami dari DPRD mengkritisi kepada panitia khusus EO juga agar melibatkan para pelaku usaha di Kabupaten Kotabaru," tuturnya

Syairi juga mengemukakan, panitia pada Saijaan Expo ini diharapkan mengikuti standarisasi terkait dengan apa saja yang harus di tampilkan di Expo, artinya ada patokan standarnya untuk mereka tampilkan pada saat pameran Expo di Siring Laut ini, dan antusias masyarakat melihat tidak hanya seperti kegiatan-kegiatan rutinitas yang di lakukan setiap tahunnya.

Jadi standarisasi itu misalnya seperti produk- produk andalan yang mungkin bisa di munculkan pada saat Expo, seperti dari Kecamatan, baik itu dari SKPD kemudian juga sampai kepada pelaku dunia usaha, pintanya.

"Sekali lagi dengan adanya Expo ini saya mengharapkan turut serta para pelaku dunia usaha khususnya perusahaan yang ada di Kabupaten Kotabaru yang jumlahnya mungkin hampir ratusan" demikian Syairi Muklis

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023